Secawan Herbal untuk Black Panther

Kalau kamu pingin jadi Black Panther; iya, Black Panther yang sekarang dipegang oleh Pangeran T’Challa di Negeri Wakanda Nun Jauh di sana itu, kamu musti tahu persyaratannya. Pertama, kamu harus bisa mengalahkan Black Panther yang sedang berkuasa. Lalu kamu harus menang berkelahi melawan enam jagoan Wakanda dalam satu pertarungan.

Sudah ? …Belum, masih ada lagi. Setelah para pendekar bertekuk lutut, kamu masih mendapat beberapa tugas berat untuk membuktikan bahwa kamu layak menjadi Black Panther. Huh .. cape banget , ya. Setelah kamu menang, kamu akan diberi minuman yang berasal dari sari pati Tanaman Berbentuk Hati atau Heart-Shaped Herb. Kamu musti minum jus itu dan akan mendapat mahkota Black Panter dengan satu kondisi, yaitu apabila kamu memang layak, tidak melakukan kecurangan, dan ada darah bangsawan mengalir di tubuhmu. Kalau tidak, meskipun semua ujian terlalui, kamu nggak akan jadi Black Panther !!

Kalau saya pikir-pikir, sebagai jelata begini harusnya tahu diri untuk menantang jadi Black Panther. Meskipun kita jagoan mentok langit, ada juga cipratan-cipratan darah bangsawan Nusantara, tapi bukan bangsawan Wakanda, ngapain ikutan tarung, ya kan ? Lha ujung-ujungnya yang menang harus bangsawan bangsawan sana juga.

Tentang Heart-Shaped Herb, merupakan tanaman yang hanya tumbuh di Wakanda. Tanaman itu bermutasi ketika meteoroid Vibranium jatuh ke negeri Wakanda. Kamu bisa lihat bentuk tanaman yang bersinar itu di film Black Panther. Kalau mau pegang langsung, kamu harus menemukan negeri Wakanda terlebih dahulu. Kasih tau saya ya kalau kamu sudah sampai sana. Tapi sepertinya sih tanaman itu sudah punah sejak Killmonger memerintahkan untuk membakar tanaman itu untuk mencegah penantang Black Panther mendapatkan kekuatan. Huhh… What a movie !

Tanaman memang sudah dipakai sejak jaman dahulu kala untuk makanan, obat-obatan penawar sakit, racun, maupun obat kuat. Ingat dukun Panoramix yang punya ramuan rahasia yang membuat orang sedusun Galia jadi punya tenaga luar biasa setelah meminumnya ? Dan tidak perlu ramuan itu kamu minum, juga bisa membuat kamu kuat luar biasa. Cukup tercemplung ke dalam panci masak ramuan rahasia waktu bayi , seperti Obelix.

Selain cerita tanaman sebagai obat di dunia Marvel dan dunia komik Eropa, di kehidupan nyata kita selalu berinteraksi dengan tanaman. Konon, dari 40 ribu spesies tanaman di dunia, sekitar 30 ribu spesies berada di Indonesia. Dari jumlah tersebut sebanyak 9.600 spesies memiliki khasiat sebagai obat. Herbal adalah tanaman atau tumbuhan yang mengandung bahan atau zat aktif yang dapat digunakan untuk pengobatan. Penggunakan herbal dan rempah tidak hanya buat obat, tapi lebih banyak digunakan untuk menambah rasa suatu masakan. Selain itu keduanya dipakai juga dalam industri parfum dan aroma terapi. Ada kan ya minyak wangi aroma rempah dan herbal ? .. Cinnamon, vanili, raspberry, lavender, mint, coriander biasa dipakai sebagai aroma minyak wangi. Kalau saya nggak mau beli, soalnya serasa di dapur terus kalau pakai minyak wangi aroma rempah dan herbal .

Perbedaan Herbal dan Rempah

 

 

Tapi herbal bukan cuma di Negeri Empat Musim, di Indonesia juga banyak dan sudah dipakai turun-temurun sebagai obat maupun bumbu masak. Kalau anak saya kena batuk atau pilek, biasanya tidak langsung saya bawa ke dokter, tapi saya beri campuran madu dan air jeruk nipis. Biasanya kalau diminum sebelum parah, ramuan itu manjur. Jaman masih kecil, namanya anak-anak kalau main pasti ada jatuh dan luka, biasanya kami cari-cari rumah tetangga yang ada pohon lidah buaya. Getahnya bisa kita oles di luka biar cepat kering. Dan, siapa yang pernah dilulur bawang merah yang diparut lalu dicampur minyak kelapa ? itu tuh kerjaan ibu saya kalau anaknya masuk angin. Dulu pernah bawa bayi saya yang masuk angin ke dokter. Dokternya cium bau bawang di badan bayi saya. Lalu katanya, nggak dikecapin sekalian, Bu ? Sial .. kurang ajar tuh dokter .

Dan siapa lagi yang lebih jago dari mbok-mbok jamu dalam meracik aneka herbal Nusantara menjadi minuman berkhasiat ? Bilang saja keluhan kita sama Si Mbok, dia tahu solusinya. Pegal linu, perut kembung, lemas tidak nafsu makan ? Mbok jamu akan menyodorkan racikan beras kencur hangat. Pinggang kita nyeri, kram otot dan kesemutan ? Secawan cabe lempuyang akan terhidang.

Kalau kita sakit kepala, pusing, pegal-pegal, banyak jerawat pula yang musti dihilangkan sekalian menghilangkan bau badan yang tidak sedap, racikan yang manjur adalah Jamu Pahitan yang terbuat dari bahan-bahan seperti brotowali, daun meniran, lempuyang, lengkuas, serai, widoro laut, temu ireng, adas dan rempah-rempah lainnya.

Hmm. Mungkin mbok jamu ada juga racikan melupakan pahitnya hidup ?

Resep herbal maupun rempah yang diyakini memiliki khasiat biasanya diwariskan turun temurun dari generasi ke generasi. Ingat nggak permainan grup berbaris lalu anggota paling belakang dibisiki pesan yang harus disampaikan ke teman di depannya berturut-turut sampai teman yang paling depan akan ditanya pesan apa yang pertama dibisikkan ? Kalau masing-masing anggota grup konsisten menyampaikan pesan, maka jawaban akan benar, tapi ada kalanya terjadi distorsi sehingga pesan tidak tersampaikan dengan benar. Tanpa adanya standarisasi resep herbal, maka kejadiannya akan sama dengan permainan itu. Misalkan kalau ada yang bilang rebus saja temulawak untuk obat hepatitis, bingung juga sebenarnya saya terutama soal takaran berapa banyak temulawak yang digunakan, apakah perlu dikupas, apakah temulawak yang berasal dari Kebumen sama dengan temulawak yang berasal dari Blitar, mengingat tanah tempat tumbuhnya berbeda, apakah khasiatnya akan berbeda jika takarannya beda ? Menurut saya, itulah guna diperlukan standarisasi.

Mengkonsumsi minuman kesehatan yang sudah melalui proses laboratorium dan terjaga dari sisi higienis akan jadi pilihan, apalagi kalau minuman kesehatan tersebut tidak menggunakan bahan pengawet. Yang lebih utama lagi adalah manfaat alami tetap terjaga meskipun menggunakan pemrosesan dengan teknologi modern. Kemasan yang baik dan higienispun diperlukan agar tidak terkontaminasi unsur lain dari luar.

Di pasaran banyak beredar minuman-minuman kesehatan. Praktis dan cara penyajiannyapun cepat. Untuk menemani ngetik malam-malam secangkir jahe panas itu udah paling nikmat, hangatnya sampai ke dalam tenggorokan, juga memberi kehangatan ke badan. Biasanya atas nama kepraktisan dan khasiat nyata, saya minum Sari Jahe dari Herbadrink yang dibuat berdasarkan resep tradisionil Indonesia dan diproses melalui teknologi modern. Sari Jahe dari Herbadrink ini diolah dengan menggunakan bahan alami pilihan dan bebas gula.

 

Diminum panas atau dingin sama nikmatnya.

 

 

Varian Herbadrink itu ada banyak. Selain Sari Jahe yang bebas gula, ada juga Herbadrink Sari Temulawak dan Herbadrink Lidah Buaya. Di samping itu masih banyak lagi varian yang lainnya. Saya baca di kemasannya kalau Herbadrink Sari Temulawak berkhasiat untuk membantu memelihara kesehatan hati dan membantu nafsu makan.

 

Segelas Herbadrink Sari Temulawak dingin menyegarkan, cocok diminum di siang hari yang panas.

 

 

Temulawak ada di dalam mangkuk, dengan bonggol yang besar.

Kalau biasanya lidah buaya dipakai untuk mengeringkan luka dan melebatkan rambut, lidah buaya juga bisa dijadikan minuman berkhasiat. Di kemasan Herbadrink Lidah Buaya tertulis khasiatnya adalah untuk membantu memelihara kesehatan fungsi pencernaan dan membantu melancarakan buang air besar.

 

 

 

Balik lagi ke Negeri Wakanda. Sebagai Black Panther yang baik hati, apakah Pangeran T’Challa akan membagi-bagikan khasiat Heart-Shaped Herb kepada rakyatnya supaya rakyatnya memiliki kekebalan, kekuatan super human, kelincahan, intelektualitas yang tinggi serta regenerasi tubuh yang baik, dalam suatu kemasan siap seduh seperti halnya Herbadrink ?

Silakan Pangeran menimbang-nimbang dan memutuskan. Kalau saya nih, jika itu membuat dunia menjadi lebih baik, nyaman, dan memberikan hidup yang berkualitas, kenapa tidak ?

Advertisements

2 thoughts on “Secawan Herbal untuk Black Panther

    • Halo Windia, eh Windia yang mana yah aku ada 3 temen namanya Windi ..duuu maap pelupa. Aamiin terima kasih yaa, semoga Windia sehat2 juga 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s