Caraku Menikmati Skippy Peanut Butter – Resep Skippy Banana Mousse dan Skippy Oreo Custard

Ada ga sih istri-istri yang dimarahin suami karena keseringan masak ? Suami macam apa yang nggak bersyukur dapat istri bisa masak. Yang ada kan selama ini para lelaki mencari perempuan yang bisa dan rajin masak, serta trampil mengurus rumah tangga untuk dijadikan istri. Meskipun saya sebel juga sama ‘syarat’ perempuan musti bisa masak biar bisa dapat jodoh. Jodoh sih jodoh aja ya. Kalau berjodoh sama perempuan yang gak bisa masak, emang jadi gak jadi nikah ? Nikahin aja, kan tinggal beliin standing stove, peralatan masak canggih berbahan titanium kayak bahan pesawat luar angkasa, beliin buku-buku resep bagus-bagus yang banyak ada di toko buku, atau kalau perlu istrinya dikasih les privat masak sama Chef Yuda Bustara atau Chef Bara. Jangan Chef Juna, yah ….keliatannya galak …hehehe ….. Masa lelaki maunya tinggal terima beres langsung dapat perempuan yang pintar masak, emang tidak malu tinggal terima beres dapat perempuan jago masak sebelum ngasih modal ?

Eyyy …apakah tercium aroma sindiran kepada kaum laki-laki ? Nggak apa-apalah, ya. Pokoknya menikah itu kita memulai hidup baru, dan dimulai dari nol, dong. Kalau langsung pingin dapat istri jago masak, tongkrongin aja sekolah-sekolah kuliner. Cegat siswi-siswinya di pengkolan sekolah, ajak kenalan terus ajakin kawin. Tapi siswi sekolah kuliner kan ga sebanyak jumlah lelaki-lelaki jomblo di Indonesia yang mau terima saran ini, tekorlah. Nggak usah deh pakai persyaratan calon istri jago masak. Dapat cewe cakep …sikaattt …!! Nggak bisa masak ? … ya dimodalin dong biar pinter ….

Nah jadi gimana kalau ternyata ada suami yang malah marahin istrinya karena keseringan masak ? … Tanya ke saya dong siapa gerangan istri yang beruntung itu ? Ni saya kasih tau ya kalau istri itu ternyata adalah saya, pemirsa !!

Kegiatan saya tiap pagi sebelum pergi ke kantor adalah menyiapkan segala hal yang berbau makanan. Pertama menyiapkan sarapan. Kakak maunya ini, adik maunya itu. Saya selalu terobsesi anak-anak harus sarapan yang bergizi biar mereka bisa kuat menjalani aktifitas sehari-hari. Jadi saya siapkan nasi berserta lauk-lauknya. Kalau masih ada lauk tadi malam sih enak tinggal hangatin aja, tapi kalau nggak ada ya saya masak sat ..set ..sat … set secepat kilat buat sarapan. Sudah begitu aja ? … enggaklah. Kakak mau bawa bekal buat makan siang, sementara adiknya nggak perlu bekal makan siang karena dia langganan catering di sekolah. Bukan berarti saya nggak siapin bekal si adik, karena dia juga perlu bekal buat snack time setiap jam 10. Nah jadi kebayang kan lintang-pukangnya saya di dapur tiap pagi yang akibatnya sering terlambat pergi ke kantor, yang membuat suami juga ikut-ikutan telat karena kami berangkat bersama.

Jadi, dilaranglah saya masak kalau pagi hari. Yii ..haa …enak dong, nggak keringetan pagi-pagi. Sebagai gantinya, saya musti siapkan bahan makanan siap makan seperti roti, keju, selai, susu, sereal ataupun buah-buahan untuk sarapan. Anak-anak bisa siapkan sarapan mereka masing-masing sementara saya bisa menyiapkan bekal ke sekolah lalu bersiap-siap ke kantor. Rasanya separuh beban hidup saya pagi hari sudah terselesaikan dengan solusi ini. Bahan-bahan untuk sarapan toh bisa saya beli pada saat pulang kantor atau dengan mudah bisa saya pesan lewat layanan online grocery yang sekarang marak.

Paling sering saya beli roti, keju dan selai. Ini sarapan tercepat dan enak. Roti dioles margarine terlebih dahulu , lalu dibakar. Setelah itu diolesin selai, hmmm…nikmat banget apalagi kalau pakai selai yang biasa saya beli, yaitu Skippy. Skippy Peanut Butter rasa manisnya pas banget dipadu dengan roti bakar. Rasa kacang cokelatnya pas nggak kemanisan, dan teksturnyapun lembut.

 

 

Selain jadi bahan olesan roti, udah standarnya emang begitu, kan ? Skippy juga enak dicolek-colek langsung dari jar-nya. Cobain aja … hehe … Semisal lagi bengong gak ada makanan lain, enak juga colek-colek selai Skippy. Kalau ada crackers juga enak tuh diolesin Skippy. Kadang-kadang malah saya potong-potong pisang lalu diberi olesan Skippy begitu saja di atasnya … Nikmeehh ….

Nggak bosan dengan olesan Skippy di roti bukan berarti makan Skippy-nya pakai roti terus, yaa … Sesungguhnya dengan rasa dan tekstur Skippy, kita bisa mengolahnya menjadi banyak resep masakan. Roti bakar sudah pasti. Kita juga bisa membuat saus kacang dari Skippy. Pasti enak dan creamy banget. Membuat cake, snack serta kukis dengan bahan Skippy juga sangat memungkinkan. Kalau sekarang, saya ingin membuat dessert dengan menggunakan Skippy. Ini bisa jadi hidangan yang lain dari biasanya.

 

 

Sejauh yang saya tahu, produk Skippy ada dua jenis yaitu Skippy Creamy Peanut Butter dan Skippy Chunky Peanut Butter. Dua-duanya teksurnya lembut, hanya ada tambahan kacang yang ditumbuk kasar pada Skippy Chunky Peanut Butter. Kalau disuruh milih salah satu saya pasti bingung soalnya dua-duanya sama-sama enak. Oya, yang Skippy Creamy ada juga lho varian lain dengan tambahan Chocolate Stripe, yang makin menegaskan enaknya perpaduan kacang dan cokelat.

Komposisi kacang tanah panggang dalam satu botol Skippy mencapai 56.6%, sementara sisanya adalah gula, minyak nabati terhidrogenasi, cokelat bubuk, minyak kacang tanah, susu bubuk, garam, pengemulsi serta perisa alami.

Satu lagi yang paling penting dari produk makanan adalah informasi kehalalannya. Alhamdulilah Skippy masuk di dalam daftar produk halal yang dikeluarkan oleh MUI. Saya dapat informasi di bawah ini melalui search engine di web MUI, lalu saya cari info halal berdasarkan nama produk.

 

Skippy Chocolate Flavoured Stripe Peanut Butter

Nomor Sertifikat : 00250021320806
Produsen : Beijing Hormel Business Management Co.,Ltd Weifang Branch 
Berlaku hingga : 09 May 2019

 

Resep-resep yang saya coba ini merupakan adaptasi dari resep yang sudah ada tapi kemudian saya tambahkan ingredient-ingredient yang lain. Saya usahakan resepnya gampang untuk dicoba juga oleh siapa saja. Untuk resep pertama yaitu Skippy Banana Mousse. Resep ini sudah kepikiran lama sebenarnya. Saya kebayang enaknya pisang yang dipadu dengan selai kacang, ini udah jodoh dari lahir, deh. Nggak ada yang bisa ganggu gugat enaknya.

 

 

Skippy Banana Mouse

Bahan :

Whip cream bubuk 150 gram

Cream Cheese 250 gram

1 buah pisang ambon besar, potong kecil-kecil

Strawberi secukupnya

1 bungkus biscuit Oreo, hancurkan kasar

5 sendok Skippy Chocolate Stripe Peanut Butter

 

Cara pembuatan :

  1. Kocok whip cream dengan air es sesuai dengan ukuran yang tertera di kemasan whip cream hingga kaku. Sisihkan. Bagi 2 bagian.
  2. Kocok cream cheese hingga lembut.
  3. Ambil satu bagian whip cream lalu campurkan dengan cream cheese yang sudah lembut, aduk rata. Campur dengan remahan biscuit Oreo.
  4. Ambil satau bagian whip cream lalu campurkan dengan Skippy Chocolate Stripe Peanut Butter. Aduk sembarang.
  5. Siapkan ramekin atau wadah cangkir kecil.
  6. Masukkan pisang, campuran whip cream dan cream cheese, lalu masukkan campuran whip cream dan Skippy Chocolate Stripe Peanut Butter. Beri pisang lagi.
  7. Hias dengan strawberi
  8. Masukkan ke lemari es, hidangkan dingin.

 

Tadinya saya tambahkan strawberi hanya sebagai hiasan, tapi ternyata perpaduan strawberi yang agak-agak asam dan mousse Skippy ternyata enak juga. Skippy Banana Mouse jadi lebih segar, lembut dan manisnya pas.

Resep selanjutnya masih ‘sekeluarga’ dengan mousse, yaitu pudding custard.

 

 

Skippy Oreo Puding Custard

800 ml susu cair

150 ml susu kental manis

50 gram gula pasir

3 kuning telur

1 sendok teh kopi instan

1 sendok the vanilla

50 gram maizena

1 bungkus oreo, hancurkan

1 bungkus cokelat bubuk untuk taburan

5 sendok makan Skippy Chocolate Stripe Peanut Butter

 

Cara pembuatan :

1. Kocok kuning telur lalu campur dengan 100 ml susu cair dan maizena, aduk hingga rata.

2. Campurkan bahan ini dengan sisa susu cair, SKM, tambahkan gula, aduk rata.

3. Masak hingga meletup letup licin dan kental, masukan kopi , skippy dan vanilla. Matikan api. Aduk rata.

4. Siapkan ramekin atau gelas saji.

5. Tuang custard ke dalam ½ gelas. Tunggu sesaat sampai set, lalu taburi oreo. Tuang kembali custard, taburi oreo dan cokelat bubuk.

6. Masukkan ke dalam lemari es. Sajikan dingin.


 

Setelah masak dan ambil beberapa foto, saya menjemput Afif yang baru saja selesai Ujian Nasional. Selama dia persiapan ujian dan pada saat ujian berlangsung saya memang sengaja mengambil cuti untuk sekedar menemani anak-anak belajar. Memang pada saat yang bersamaan kakak juga akan ikut SBMPTN, jadi sekalianlah. Sebelum pergi saya ambil Skippy Oreo Custard Pudding untuk Afif nanti. Kayaknya dia bakalan senang setelah selesai ujian dikasih hadiah makanan enak.

Saya sedikit telat menjemput, untungnya Afif nggak kelayapan ke mana-mana. Dia malah yang duluan menghampiri saya ke mobil. Pada saat naik ke dalam mobil dia langsung melihat Skippy Oreo Custard Pudding yang masih dingin itu. Mukanya berbinar lalu berkata ,

“Ini untuk Afif ? … Wooww …terima kasih , bu.”

Antara dia lapar atau memang Skippy Oreo Custard Puddingnya enak, dia makan dengan lahap sembari bilang ,” Ini enak banget , lho bu …”

Haiyaahh …siapa coba yang gak meleleh dipuji anak seperti itu. Tapi …. Beberapa saat kemudian dia bertanya ,” Ibu bikin makanan enak ini khusus untuk Afif atau buat ikutan lomba foto-foto ??”

….. Coba tebak apa jawaban saya ?

 


 


Disclaimer

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Praxis sebagai perwakilan SKIPPY® Peanut Butter Indonesia.

 


 

Advertisements

2 thoughts on “Caraku Menikmati Skippy Peanut Butter – Resep Skippy Banana Mousse dan Skippy Oreo Custard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s