Chicken and Vegetables Tagine – Kreasi Menu Gizi Seimbang Ayam So Good

 

Buat teman-teman yang sudah lama membaca blog saya, pasti tahu cerita perjalanan ‘karir’ saya dalam hal memasak. Berulang-ulang kali saya gagal membuat makanan enak. Malah dulu sempat juga posting masakan yang gosong … alamaak lebay ya kalau dipikir-pikir. Nama blog ini juga dibuat seperti ini karena saking frustrasinya saya yang acap kali harus menyemangati diri sendiri agar belajar dari kegagalan. Tapi untunglah dari banyaknya kegagalan dan berusaha untuk terus mencoba, lama-lama saya menemukan sesuatu yang mengasikkan ketika memasak.

Sebagai penanggung jawab gizi di keluarga, masakan yang saya masak diusahakan semaksimal mungkin memenuhi persyaratan gizi yang seimbang. Susunan makanan gizi seimbang harus diusahakan dalam menu sehari-hari. Yang dimaksud dengan gizi seimbang adalah pemenuhan zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh dengan memperhitungkan variasi makanan, aktifitas fisik , kebersihan dan berat badan.

 

Print

 

Prinsip gizi seimbang mudah kita terapkan, apalagi kita sudah mengenal istilah karbohidrat, protein, sayuran dan buah sebagai sumber vitamin dan mineral. Karbohidrat sebagai golongan makanan pokok mendapat porsi yang besar dalam susunan makanan gizi seimbang, yaitu 35% dari total yang kita konsumsi. Sayuran juga memiliki porsi yang sama besar dengan karbohidrat yaitu 35%. Selanjutnya, buah-buahan yang kita konsumsi diharapkan sebanyak 15% dari total asupan makanan kita. Di bagian lain, adalah kebutuhan protein seperti daging, telur, ikan, susu dan produk susu adalah sebesar 15%. Dengan berpatokan pada menu piring gizi seimbang, memudahkan kita menyiapkan masakan buat keluarga tercinta.

 

Nah, untuk kebutuhkan protein, sudah lama saya menggunakan produk-produk dari So Good. Tentu saja ada alasannya mengapa saya menggunakan produk So Good, yaitu :

Enak dan kaya protein

So Good diolah dari bahan-bahan berkualitas terbaik dan diproses dengan teknologi tinggi untuk memastikan rasa yang enak dan kualitas gizi protein yang terjaga utuh saat dihidangkan.

Praktis dan higienis

Seluruh produk So Good diolah dan dikemas dengan teknologi tinggi untuk meminimalisir kontaminasi, sehingga kehigienisan terjaga. Rangkaian produk So Good sangat praktis untuk dihidangkan di berbagai kesempatan.

Hasil karya inovasi

So Good berkomitmen untuk selalu berinovasi dalam menghasilkan produk-produk daging olahan dengan rasa yang enak serta mengandung gizi protein yang baik untuk mencukupi kebutuhan gizi seimbang keluarga Indonesia.

Kualitas yang terjaga

Produk So Good melewati proses pemasakan hingga suhu 170° C selama tidak kurang dari 3 menit, langsung dibekukan cepat menggunakan teknologi IQF untuk menjamin kesegaran, kelezatan, dan nutrisi kandungan produknya.Proses dari Teknologi IQF atau Individually Quick Frozen  adalah  ayam setelah dipotong langsung dibekukan sempurna dalam waktu 45 menit pada suhu -35 derajat Celcius. Ayam tidak dibiarkan lama-lama di suhu ruang, karena ayam yang lebih dari 4 jam di suhu ruang memancing banyak bakteri dan menuju proses pembusukan. Dengan cara IQF dapat menghambat pertumbuhan bakteri, sehingga kualitas kesegaran, gizi, cita rasa dan kebersihan ayam tetap terjaga. Di samping masalah saya tadi itu, yaitu potongan ayam yang tidak lengket satu sama lain sehingga bisa digunakan sesuai kebutuhan. Dengan mengetahui latar belakang proses pembuatan suatu produk kita jadi tenang untuk mengolah bahan masakan. Bahan masakan bukan hanya kita cari yang murah, tapi harus tetap berkualitas sehingga bahan yang kita olah menghasilkan masakan yang lezat dan berkualitas pula.

Secara garis besar produk So Good terbagi atas Produk Siap Olah dan Produk Siap Masak. Kalau kita tidak mau dipusingkan dengan urusan bumbu-bumbu kita bisa pilih So Good Siap Masak seperti Bakso Ayam Kuah, Pangsit Udang, Chicken Katsu, Chicken Nugget, Sosis , dan masih banyak produk lain yang yang dijamin rasanya lezat.

Sedangkan Produk Siap Olah adalah seperti Ayam Potong Paha dan Dada, Ayam Utuh, Ayam Potong Sop. Malah sekarang juga ada Ayam Potong Paha Dada Bumbu Kuning dan Ayam Potong Paha Dada Pedas Manis. Nah, kita tinggal pilih saya mau memproses So Good yang mana sesuai dengan kebutuhan kita.

Untuk kali ini saya mau masak Chicken and Vegetables Tagine. Tagine sendiri merupakan suatu proses masak ala Timur Tengah dan Afrika Utara, di mana masakan dimasak dengan menggunakan tembikar. Beberapa negara juga menggunakan tembikar sebagai alat masak seperti Jepang dan Korea yang menggunakan Clay Pot sebagai salah satu cara memasak makanan. Tagine berbentuk seperti piring di mana kita dapat meletakkan bahan-bahan yang hendak kita masak. Supaya uap tidak terbuang, tagine dilengkapi dengan tutup yang berbentuk seperti kubah. Uap panas yang terperangkap tutup tagine berputar terus sehingga membuat bahan makanan matang dengan sempurna dan tidak banyak gizi yang terbuang dalam proses pemasakan.

 

tagine

 

Tagine di Jemaa el-Finaa di Marrakesh, Maroko.

 

Nah ini resepnya, ya.

 

DSC00074-sogood

 

Chicken and Vegetables Tagine

 

Bahan :

– 5 potong ayam So Good Ayam Potong

– 1 buah terong

– 1 buah wortel

– 2 buah timun

– 1 buah bawang bombay

– 5 sendok madu

– jeruk nipis ambil airnya

– 5 sendok bumbu kabssa (bumbu ini merupakan campuran dari all spice, lada hitam, jintan, ketumbar, laos, kayu manis, kunyit, lemon dan garam. dapat dibeli di toko yang menyediakan bahan masakan Timur Tengah. Apabila tidak ada bisa diganti dengan bumbu gulai atau kari)

– Garam secukupnya

– Keju secukupnya

 

Cara memasak :

1. Potong-potong sayuran terong, wortel dan timun. Beri satu sendok bumbu kabssa, aduk hingga rata.

2. Campurkan ayam dengan 4 sendok bumbu kabssa hingga rata. Tambahkan garam secukupnya.

3. Masak Ayam di dalam tagine, beri air secukupnya. Apabila tidak ada tagine bisa menggunakan slow cooker.

4. Masukkan irisan bawang bombay.

5. Apabila ayam sudah matang, masukkan potongan sayuran. Masak sampai sayuran matang.

6. Olesin ayam dengan campuran madu dan jeruk nipis.

7. Taburi keju, masak sebentar sampai keju meleleh.

8. Sajikan.

 

Chicken and Vegetables Tagine segera dihidangkan, tentu saja jangan lupa sediakan karbohidrat berupa kentang goreng dan  tambahan buah-buah segar sebagai penyempurna menu gizi seimbang.

Selamat makan …. Smile

 

 

DSC00115 so good

 

 

DSC00109

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s