Semangat Berbagi di Bulan Suci

Ya Allah, jauhkan saya dari menulis content riya …amiin …

Sungguh mohon maaf , ya teman-teman bukan mau pamer tapi supaya tulisan saya ini bisa menginspirasi teman-teman melakukan hal yang sama, atau malah lebih dari apa yang sudah saya lakukan.

Sudah sejak bertahun-tahun yang lalu saya punya kebiasaan membuat bingkisan yang saya bagi-bagikan pada Bulan Suci Ramadhan. Bingkisan itu biasanya saya bagi-bagi buat tetangga sekitar rumah saya, tukang sayur, satpam dan OB di kantor. Kebetulan sekali letak rumah saya ada di perbatasan kompleks dengan perumahan penduduk. Banyak tetangga-tetangga saya yang hidup pas-pasan kerja di sektor informal. Ada yang bekerja sebagai satpam, ada yang bekerja membantu di rumah tetangga-tetangga saya di kompleks, ada yang menjual tanaman, penjual sayuran dan sebagainya. Tanpa harus bertanya tentunya saya tahu bagaimana taraf kehidupan mereka.  Saya berfikir, kalau saya memberikan bingkisan untuk mereka tentu mereka senang.

 

The best feeling of happiness is when you’re happy because you’ve made someone happy

DSC07810

 

Bingkisan yang saya berikan biasanya berisi barang-barang yang juga saya konsumsi sehari-hari. Tiap tahunnya isi bingkisan bisa berubah-ubah, tapi saya usahakan agar isinya berguna terutama di bulan puasa ini seperti minyak goreng, sirup, mie instan, margarine, permen, sardin, kecap, saus, tepung bumbu, kopi, teh dan sebagainya. Lumayan, kan ? Smile

Biasanya saya membeli semua barang-barang itu di supermarket. Saya memang gemar menyelusuri lorong-lorong supermarket. Kadang-kadang kita ketemu barang yang nggak kita cari, tapi menarik buat dibeli. Saya paling suka di bagian barang-barang import dan fresh produk. Rasanya pingin nyobain barang-barang yang buat saya baru. Tapi kalau beli barang buat bingkisan terus terang butuh tenaga ekstra, apalagi selalu dilakukan pada saat saya puasa. Dan kebayang kan gimana penuh sesaknya supermarket di masa-masa bulan puasa begini. Capek dorong-dorong kereta, capek pilih-pilih barang, belum lagi capek ngantri di kasir.

Mangkanya saya suka banget ada aplikasi HappyFresh. Saya sudah menggunakan aplikasi ini dari tahun 2015 dan terus terang saya sangat terbantu. Pernah pada suatu ketika saya kena macet pada saat pulang dari kantor. Biasalah macet, tapi di rumah belum ada bahan masakan apa-apa buat makan malam jadi saya agak uring-uringan juga. Mau berhenti di supermarket juga tidak memungkinkan, lha saya lagi di jalan tol. Tau kan jalan cerita selanjutnya … saya pesan saja bahan-bahan buat makan malam yang pengirimannya saya perkirakan berbarengan dengan waktu tiba saya di rumah. Sangat membantu.

Tapi sekarang dengar-dengar agak susah mengatur waktu pengiriman pada hari yang sama. Mungkin karena banyak yang belanja kebutuhan Lebaran. Sebelum mutung karena sudah milih banyak produk tahunya delivery time tidak sesuai, sebelum belanja terlalu banyak klik aja icon Delivery Checker supaya kita tahu slot yang tersedia.

 

DSC07488

Belanja Sesuai Lokasi

Buat yang belum menggunakan HappyFresh, saya terangin sedikit, ya. Selebihnya kalau ada pertanyaan susulan silakan aja instal aplikasi HappyFresh di HP masing-masing. HappyFresh ini semacam marketplace di mana kita bisa berbelanja barang-barang grocery di supermarket-supermarket yang bekerja sama dengan HappyFresh. Sebut saja Carefour, Grand Lucky, Superindo dan lainnya. Kita bisa memilih tempat belanja sesuai dengan lokasi pengiriman. Kalau weekend biasanya saya memilih pengiriman ke rumah. Sering juga saya belanja dengan pengiriman ke kantor. Kalau kamu mau kirim belanjaan ke rumah saya juga bisa Smile

Diskon – Diskon – Diskon

Nggak susah mengaplikasikan HappyFresh. Setelah memilih store, kita langsung bisa menandai barang-barang yang ingin kita beli. Sebagai ibu-ibu yang doyan diskon, biasanya menekan tab Special itu yang selalu pertama saya lakukan kalau belanja. Tab Special ini adalah tempat barang-barang yang sedang didiskon. Di bulan Ramadhan ini ada tambahan tab baru yaitu Ramadhan Special.

 

Screenshot_2017-06-13-21-57-50

 

 

Fasilitas Pencarian

Tapi kalau mau cepat belanja, kita  bisa cari barang lewat fasilitas pencarian. Ketik saja kata kunci seperti kita googling. Nanti muncullah semua item yang masuk dalam range pencarian. Gampang lah … daripada kita menyelusuri lorong supermarket dari ujung ke ujung, cukup mainkan jari-jari saja. Duh malasnyaaa … haha

 

Keranjang Belanja

DSC07514

 

Enaknya belanja lewat HappyFresh adalah kita bisa cross-check barang-barang apa saja yang sudah kita beli, mana yang terlupa, dan jangan lupa total biaya juga langsung kita tahu. Semisal ternyata belanja kita di atas budget, kita bisa mengurangi barang belanja kita.

Pembayaran yang Mudah

Saya termasuk orang yang jarang bawa cash banyak. Secukupnya saja ada di dompet. Saya memang terbiasa belanja pakai kartu debit atau kartu kredit. Buat saya justru lebih terkontrol pengeluaran saya kalau transaksi menggunakan kartu. HappyFresh memberi pilihan pembayaran dengan cash ataupun dengan kartu. Jadi kita tinggal pilih aja.

Shopper dan Rider

DSC07439

Shopper dan Rider adalah ujung tombak HappyFresh. Selama ini saya selalu terkesan dengan kerja mereka yang profesional.

Setelah kita konfirmasi pembayaran, Shopper di store pilihan kita akan memilihkan barang-barang yang kita pesan. Apabila ada barang yang tidak ada, maka Shopper akan memberitahu kita. Kita bisa mengganti pesanan dengan barang yang tersedia, atau kita bisa cancel pesanan kita. Nanti tagihan akan dihitung ulang sesuai dengan barang yang tersedia.

 

Bingkisan Bulan Ramadhan kali ini tentu saja saya belanja di HappyFresh. Sehabis sahur saya pilih-pilih barang belanjaan sambil tidur-tiduran. Nah ini bedanya ama belanja di store yang musti rapi, dandan dulu, macet-macetan di jalan … kalau belanja di HappyFresh cukup dasteran. Setelah belanja kita bisa review daftar belanjaan. Mungkin ada barang yang kurang, atau barang yang kemahalan jadi kita bisa ganti dengan barang yang sesuai budget. Kalau lihat total belanja ternyata lebih dari budget, kita masih bisa edit barang belanja kita.

Berhubung saya belanjanya banyak, ada dua orang HappyFresh yang datang kirim barang. Kata mereka, kalau tidak muat pakai motor biasanya mereka akan pesan taksi. Tapi dengan pertimbangan macet di jalan, akhirnya mereka pakai dua motor untuk kirim barang. Duh, sebegitunya yaa layanan HappyFresh. Bikin terharu. Dan, yang bikin terharu lagi, dari 30 botol sirup yang saya pesan, 1 botol ternyata pecah di jalan. Mereka lalu ijin ke saya untuk beli satu botol pengganti, meski saya bilang nggak usah. Kasihan aja karena mereka datang pas waktu beduk berbuka. Sepertinya lain kali kalau bawa sirup atau minuman dalam botol kaca, musti diberi penyekat yang menjaga agar tiap botol tidak saling beradu.

Untuk teman-teman yang ingin membuat bingkisan Ramadhan atau Hari Raya, bisa nih memanfaatkan jasa dari HappyFresh. Kita sangat dimudahkan, lho dengan layanan ini. Kalau kamu baru pertama kali belanja lewat HappyFresh bisa pakai kode voucher HFBLGSNS untuk mendapatkan diskon 10% dengan minimum belanja sebesar Rp 150.000 ,-  untuk 100 pemakai pertama. Promo ini berlaku sampai dengan 30 Juni 2017 di semua area yang dilayani HappyFresh, yaitu di Jakarta, Bandung dan Surabaya. Lumayan, kan.

 

kurma

 

“Ibu, harusnya ibu pesan pengiriman jam 4 sampai 6 sore, nanti ibu dapat kurma, lho ,” ehhh Rider saya sebelum pulang bilang begitu.

Sebenarnya saya ingat masalah kurma kejutan dari HappyFresh, cuma kebetulan saya jam segitu belum ada di rumah.

“Iya, mas saya tau sih sebenernya. Mungkin untuk belanja lain kali saya pesan jam segitu, deh …makasih ya udah diingetin,” kata saya sembari membayangkan kurma HappyFresh yang terlewat nggak mampir di rumah saya.

Surprise Kurma dan kartu ucapan Selamat Berbuka Puasa memang akan diberikan buat yang belanja dari tanggal 27 Mei sampai 17 Juni untuk pengiriman jam 4-6 sore. Mungkin ada yang bilang, eiitt kurma segitu aja heboh amat, …tapi ini kurma bukan sembarang kurma. Fotoin aja kurma dan kartu ucapan tersebut lalu upload ke instagram dengan hastag #InstagramThisKurma #FastingIsSharing, nanti tiap minggunya akan ada 3 pemenang beruntung yang akan mendapatkan Voucher HappyFresh sebesar Rp100.000 ,-

 

 

DSC07768

 

Intinya nih saya mau bilang kalau di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini adalah kesempatan kita untuk berbagi dengan sesama. Sisihkan sebagian rejeki untuk orang-orang yang kurang mampu tidak akan membuat kita jatuh miskin. Kita percaya saja bahwa rejeki sudah diatur oleh Allah. Semakin banyak kita berbagi, Insya Allah kita akan selalu mendapat rejeki yang barokah.

Dan dengan semakin berkembangnya teknologi akan memudahkan dan membantu kita dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Manfaatkan teknologi dan fasilitas yang ada sehingga  tenaga dan waktu kita dapat dioptimalkan untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang lain. Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga ibadahnya diterima oleh Allah SWT… Aamiin …

Leave a Reply

