Ke Mujigae Restoran Dahulu …. Jalan-jalan ke Korea Kemudian

Kalau ada yang mau tanya soal drama Korea ke saya, pasti saya angkat tangan. Musti jujur nih saya bilang kalau saya sekalipun tidak ngikutin serial Korea apapun yang konon kabarnya bintang-bintangnya imut lucu menggemaskan, nggak yang perempuan nggak yang laki. Beberapa teman saya ada yang bercucuran air mata nonton drama romantis Korea. Hmmm…pasti dimasukan ke hati banget.. Ada juga yang menjadikan drama Korea sebagai bahan obrolan seru. Hihi.. daku cuma bisa garuk-garuk kepala yang emang gatal gara-gara ganti shampo. Kim Woo Bin, Bae Suzy …siapakah beliau ?  Blank deh saya tentang Korea. Apalagi belum pernah jalan-jalan ke Korea pula #kodekeras.

Nah,  sebelum saya ke Korea dan juga kalau kamu belum ke Korea juga, saya ngajakin dulu ke resto Korea yang di Jakarta, ya … Itung-itung pemanasan jadi kalau sudah dapat rejeki ke Korea minimal taulah satu dua nama makanan Korea. Resto yang saya maksud namanya Mujigae. Yang anak Mall biasanya sudah ngerti nih soal resto ini , soalnya Mujigae diam-diam sudah ada 13 cabang yang tersebar di 6 kota besar di 3 propinsi,  dan tahun 2016 ini dapat Top Brand Award 2016 , lho.

 

TRADISI DAN TEKNOLOGI

Mujigae didirikan tahun 2013, merupakan full service restaurant yang menawarkan bibimbap dan aneka sajian kuliner khas Korea di dalam kemasan dan suasana yang memadukan unsur tradisional dan modern.  Kalau kita berkunjung ke Mujigae , di pintu masuk kita akan disambut oleh gadis manis berpakaian tradisionil khas Korea (Selatan) , atau lebih dikenal dengan sebutan Hanbok.  Dengan ramah kita akan disambut dan selanjutnya dipersilakan duduk di tempat yang tersedia.

Di jaman sekarang rasanya bukan hal yang berlebihan jika restoran menggunakan teknologi buat memudahkan pelayanan kepada pelanggannya. Begitu juga Mujigae yang menyediakan iPad di setiap meja untuk keperluan pemesanan  tanpa harus menunggu pelayan menghampiri meja kita. Bahkan kita juga bisa memilih video musik K-Pop untuk dimainkan di restoran serta melakukan permainan digital sembari kita menunggu makanan disajikan.

Perpaduan unsur tradisional dan modern ini tentu saja menjadi ciri khas Mujigae yang tetap menjaga nilai-nilai tradisi tapi tetap menyesuaikan dengan berkembangnya jaman dan teknologi.

page1

 

BUDAE JIGAE

 

 

DSC06752

Baru-baru ini Mujigae memperkenalkan menu makanan baru yang bernama Budae Jigae. Nah, mumpung ke sana jadi saya pesan Budae Jigae ini untuk menu makan siang saya. Budae Jigae merupakan masakan yang direbus, terbuat dari kombinas ramyun,beef luncheon, sosis sapi, tahu sutra dan aneka sayuran di dalam sup yang diberi bumbu gochujang dan kimchi.

Ramyun Korea, nama lain dari mie yang dibuat dengan bahan grade tertinggi, dicampur dengan kombinasi yang temat dengan teknik yang tepat pula sehingga memberikan kita Mie Korea yang lebih kenyal dan nikmat. Mie ramyun sangat cocok dikombinasikan dengan kelezatan kaldu Korea dan toppingnya.

Ada cerita sendiri tentang Budae Jigae ini. Adhi Tawakal, Marketing Manager Mujigae menceritakan asal usul masakan yang masuk dalam kuliner Korea pada tahun 1950-an ini. Konon pada jaman perang terjadi kelangkaan bahan masakan, terutama di Seoul dan area Uijeongbu. Warga kemudian mencari dan memanfaatkan bahan masakan yang tersisa di pangkalan-pangkalan militer Amerika di sana. Mereka menemukan beef luncheon, sosis sapi, makaroni serta bahan lainnya yang lazim dikonsumsi oleh tentara Amerika. Kemudian bahan masakan tersebut diolah sebagai isi rebusan atau sup dengan saus gochujang dan kimchi.

 

DSC06699

 

Jadi Budae Jigae ini masakan yang merupakan perpaduan bahan-bahan dari Barat dan bumbu menggunakan bumbu khas Korea. Penyajian Budae Jigae juga unik, disajikan panas-panas dalam wajan di atas api yang menyala. Jadi cocoklah di musim hujan ini makan Budae Jigae panas , dengan kombinasi rasa segar, asam dan pedas yang pas. Di Mujigae, Budae Jigae ini ditawarkan dengan harga yang terjangkau , yaitu Rp 46.000 an , dan sudah termasuk satu porsi nasi putih.

 

TOPOKKI

Selain Budae Jigae, saya juga mencoba Topokki. Masakan yang terbuat dari beras diolah menjadi kue beras, lalu diberi bumbu-bumbu khas. Topokki adalah makanan populer di Korea. Awal mula makanan ini berasal dari Jeosun Dynasty di mana resep makanan ini ditemukan di buku resep kerajaan bernama Siui Jeongseo. Keluarga kerajaan sangat menikmati makanan ini, bukan karena keliezatannya saja, tetap juga karena manfaatnya bagi kesehatan. Topokki juga ditemukan di buku pengobatan bernama Shingnyo Chanyo. Mujigae ingin menyajikan Topokki dengan membuat kembali resep aslinya. Mujigae mengimport bahan baku dari Korea tetapi memproduksinya di dalam negeri untuk memastikan kesegaran dari kue beras ini. Untuk menambah rasa dan aroma, topokki di Mujigae diberi tambahan olahan ikan segar,  tahu dan bahan spesial lainnya.

 

DSC06690

 

 

BIBIMBAP

 

cats1

 

Bibimbap adalah salah satu masakan Korea yang paling populer. Seperti halnya Bento di makanan Jepang, di Korea dikenal dengan nama Bibimbap. Yang mau kenal makanan Korea minimal musti tau seperti apa yang namanya Bibimbap itu.  Bibimpap sudah jadi bagian dari life-style. Dalam satu mangkuk hotstone Bibimbap kita bisa mendapatkan proporsi yang sehat dan lengkap  40% nasi, 40% sayuran dan 20% daging dan sumber protein lainnya.

 

DSC06712

Di Mujigae kita bisa memilih jenis-jenis topping yang kita inginkan seperti ayam, daging, telur dan tambahan ayam goreng Korea.

KOREAN FRIED CHICKEN

DSC06709

 

Di Mujigae kita juga bisa pesan  Fried Chicken special yang sangat populer di Korea. Korean Fried Chicken tidaklah seperti ayam goreng biasa. Kenikmatan dari Korean Fried Chicken terletak di saus dan kerenyahannya. Untuk membuat Fried Chicken yang garing dan renyah, Mujigae menggunakan adonan khusus Korea dengan bahan terbaik dan komposisi yang tepat. Setelah itu ayam digoreng di minyak yang panas dengan ‘bumbu rahasia’ dengan teknik yang khusus.

Korean Fried Chicken ini memang garing dan renyah. Ada rasa pedas dan gurih dari bumbu spesial Korea . Nikmat, lah ….

 

MATCHA MILK TEA dengan ASUKA BEAN

 

Nggak tau kenapa kalau ada menu minuman bernama ‘matcha’ atau ‘green tea’, saya selalu langsung memilih menu itu.Jadi tentu saja Matcha Milk Tea menjadi pilihan saya, dan saya nggak salah dengan pilihan itu. Apalagi rasa matcha yang milky bercampur dengan asuka bean. Asuka bean atau adzuki bean adalah red mung bean, atau kacang merah kecil. Di Indonesia biasa disebut kacang tolo. Cocoklah perpaduan matcha, susu dan asuka bean ini memang enak menyegarkan.

 

DSC06649

 

 

 

UMESEU TEA

Setelah selesai makan saya masih kekurangan cairan, jadi pesan menu minuman yang lain. Umeseu Tea jadi pilihan karena kelihatan menarik dan menyegarkan. Enak deh minum Umeseu Tea ini , apalagi ada irisan jeruk Kietna di dalamnya …krenyes krenyes asam segar .

 

DSC06798

 

 

Informasi Lokasi

 

Penasaran pingin ke sana ? Ini alamat-alamatnya , yaa ….

Jadi …kapan kita ke Koreanya ? … #ngarep

 

Mujigae Jakarta

– Lippo Mall Kemang, 3nd fl

– Mal Ciputra, Citraland, Upper Ground

– Mal Kelapa Gading, Ground Floor

– Pluit Village, Ground Floor

 

Mujigae Bogor

– Botani Sq

– Lippo Plaza Bogor

 

Depok

– Margo City

 

Tangerang

– Summarecon Serpong

– Supermal Karawaci

 

Bekasi

– Grand Metropolitan

– Summarecon Mal Bekasi

 

Bandung

– Cihampelas Walk

– Festival Citylink

 

 

Instagram : @mujigaeresto

Twitter : @mujigaeresto

Facebook : fb.com/mujigaeresto

Website : http://www.mujigae.com

Advertisements

3 thoughts on “Ke Mujigae Restoran Dahulu …. Jalan-jalan ke Korea Kemudian

  1. Haha awalnya aku juga sebenarnya nggak suka drama korea, tapi penasaran akhirnya nonton descendant dan suka. Akhirnya sekarang penasaran juga sama tradisi budaya korea. pengin sekedar tau aja sih kayak makanannya. Itu bibimbap bikin ngiler. Cuman sayangnya belum tersebar di banyak kota. Di Semang juga kayaknya nggak ada sama sekali ya kak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s