Kedai Kampong Medan–Baru Buka , Nih !

DSC06440

Saya pernah satu kali dapat tugas kantor untuk pergi ke Medan. Yes ..! Bukan mempersiapkan apa yang musti saya bawa sehubungan dengan tugas kantor saya itu, saya malah cari-cari informasi tempat makan enak khas Medan. Dan memang benar. Makanan di Medan itu enak-enak, kalau nggak boleh bilang enak banget. Medan yang merupakan melting pot berbagai etnis jago-jago masak seperti etnis Melayu, China, Arab dan India, menghasilkan  kekayaan kuliner nusantara yang patut kita coba dan apresiasi.

Saya selalu terkenang-kenang makan di Rumah Makan Muslim di tepi Danau Toba. Masakan sederhana berupa lalap-lalapan, ikan yang konon dipanen dari Danau Toba dan sambalnya yang enak banget. Soto Medan di RM Sinar Pagi juga memberikan kenangan kuliner yang tidak terlupakan. Sotonya mantab, perkedelnya juga enak. Top deh pagi-pagi  makan soto Medan ini.

Jadi, pada saat teman saya, Memez mengajak makan di Kedai Kampong Medan di daerah Kebon Jeruk, saya langsung dong konfirmasi untuk ikutan. Siapa tau kedatangan saya ke tempat makan itu dapat menyapu rindu saya akan masakan Medan yang kaya , tidak irit dengan bumbu.

Kedai Kampong Medan berada di Jl, Lapangan Bola No.32 Kebon Jeruk. Tenang aja, nggak perlu masuk-masuk gang untuk datang ke tempat itu. Jadi patokannya kalau dari arah Pondok Indah kita bisa lewat Jalan Panjang, lalu belok kiri di jl. Lapangan Bola (jalanan itu nyambung dengan Jl. Meruya Ilir)  . Ini petanya

Map picture

 

Tampil bersahaja dan belum dipenuhi dengan aksesoris ruangan, ruangan di rumah makan tsb. cukup lega. Lima puluh orang sepertinya bisa masuk secara bersamaan. Mau tau siapa owner dari rumah makan ini ? Nah, ini dia fotonya, dua orang cowo ganteng yang berani keluar dari tempat kerjanya yang mapan untuk memulai bisnis makanan. Perkenalkan, Alvin dan Sigit. Sementara rekan mereka satu lagi yaitu Yuanda kebetulan sedang tidak ada di tempat.

DSC06404

 

Saya, Memez dan beberapa teman lainnya segera memesan makanan. Nah, ini beberapa pesanan kami.

DSC06412

Lontong Medan mirip dengan lontong sayur daerah lain tampil dengan porsi yang cukup menyenyangkan. Beberapa irisan lontong diguyur dengan  gulai encer yang terdiri dari sayur-sayuran seperti kacang panjang, nangka dan tempe serta tambahan protein sesuai apa yang kita mau, lalu ditabur kerupuk di atasnya. Kita bisa pilih Lontong Medan dengan telur sambal, rendang daging, rendang ayam ataupun polos lontong dan sayur saja. Lontong Medan di Kedai Kampong Medan ini menurut saya enak. Meski kuahnya encer, tapi kaya dengan bumbu yang khas dan segar. Harganya berkisar dari Rp 18.000 sampai Rp 28.000,-

 

DSC06424

DSC06433

 

Kami pesan Mie Keling yaitu mie telor yang disiram dengan kuah berwarna cokelat. Dilengkapi dengan telur dan tomat dan timun. Mie ini rasanya cenderung manis dan gurih. Tapi di pinggiran piring juga dikasih sambal, kok. Jadi masih bisa mengakomodasi pelanggan yang suka pedas. Jadinya yaa pedas manis gitu, deh …mirip ama saya ..#eehh .. Harga Mie Keling cukup reasonable yaitu Rp 20.000, – per porsinya.

DSC06417

 

Ada juga pilihan menu Nasi Gurih yang nyaris 11-12 sama Nasi Uduk. Gak perlu ya cerita enaknya nasi uduk, begitu juga dengan nasi gurih dari Kampong Medan. Sama enaknya. Seperti biasa kita juga bisa memesan Nasi Gurih dengan telur sambal, rendang daging atau rendang ayam. Kalau dompet lagi agak kering, masih enak kok makan nasi gurih tanpa tambahan apa-apa. Harga Nasi Gurih berkisar Rp 18.000 sampai dengan Rp 28.000.-

DSC06462

Yang mantab, di Kedai Kampong Medan menyediakan juga Gulai Kepala Kakap, lho. Berhubung saya penggemar kepala ikan, dan untungnya teman saya nggak doyan kepala ikan, jadi Gulai Kepala Kakap ini saya dong yang habiskan. Enak gulainya, kalau nggak enak gak habis, lah … Harga seporsi Gulai Kepala Ikan  Rp. 55.000.

 

 

DSC06469

 

Nah, ini favorit saya kari kambing. Enak banget karinya. Bau daun karinya begitu khas, juga kuah yang enak dan menyegarkan. Daging kambingnyapun nggak sedikit. Cocoklah dimakan dengan nasi putih hangat. Hmm.. saya jadi menelan ludah sembari ngetik review ini Smile  Harga Kari Kambing seporsinya Rp 25.000,-

 

DSC06475

Teh Tarik Rp 19.000

 

DSC06487

Jus Timun Serut Rp 18.000

DSC06491

 

Makan-makan di Kedai Kampong Medan kami tutup dengan ngopi-ngopi cantik dan (tetap ) makan pisang goreng yang menggoda ini.

DSC06503

 

Silakan kalau mau nyobain makan-makan enak ala Medan. Salam buat Alvin, Sigit dan Yuanda. Semoga sukses terus usahanya, yaa ..

Kedai Kampong Medan berada di Jl, Lapangan Bola No.32 Kebon Jeruk

3 thoughts on “Kedai Kampong Medan–Baru Buka , Nih !

Leave a Reply

