Satu Malam Bersama Man.Fire.Food. – Roger Mooking

bluegrass

Ket foto : di-capture dari web site indovision, AFC dan rogermooking.com

Roger Mooking bukan sekedar Celebrity Chef. Dia adalah juga seorang penyanyi, pengarang lagu, pengarang buku merangkap TV host. Lelaki multitalenta ini sanggup menyeimbangkan fungsi otak kiri dan otak kanannya, bahkan sanggup menggunakan kedua bagian otaknya dalam waktu yang bersamaan. Begitu katanya seperti dituturkan di website rogermooking.com. Woww… !

===

Hari itu seharusnya saya mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Undangan dari Indovision dan Asian Food Channel untuk datang di acara Meet & Greet with Roger Mooking sungguh membuat saya antusias. Saya mengkontak beberapa teman foodblogger yang berkenan hadir, janjian pakai dress code tertentu mengingat acaranya adalah dinner. Disela dengan kesibukan di kantor seharian  baru saya tersadar, ternyata saya lupa satu senjata yang musti saya bawa hari itu yaitu camera !!

Semestinya saya mencontoh bagaimana penyelenggara mempersiapkan acara ini. Beberapa hari sebelum acara berlangsung, staf AFC dari Singapura  menghubungi saya untuk menanyakan hal kecil saja. Apakah saya vegetarian ? Apakah saya akan datang dengan teman ? Hal kecil yang detail ini disampaikan bukan lewat sms, email, whatsapp, bbm atau chat fb, tapi langsung lewat telpon ! Terus terang ini membuat saya sedikit terpana dan menanti-nanti seperti apa acara akan berlangsung. Begitu detail mereka mempersiapkan check list , sementara saya …. camerapun tertinggal di rumah 😦 Harapan saya cuma tinggal handphone Samsul ..ups…Samsung kesayangan satu-satunya. Mudah-mudahan dapat merekam gambar dengan jelas selama kegiatan berlangsung).

 img1445327457676

Host acara adalah Indovision dan Asian Food Channel. Siapa yang tidak kenal Indovision ? TV berbayar terkemuka yang terus-menerus menyiarkan program-program tayangan TV terbaik. Channel-channel Indovison terus berkembang dan bertambah. Dari channel movie dengan menggandeng HBO Signature, HBO, Cinemax, Fox dll, channel Music , Sport, News, Ilmu Pengetahuan, channel khusus anak-anak sampai channel Lifestlyle yang salah satunya adalah Asian Food Channel. Dengan banyaknya pilihan channel, tentu saja akan memanjakan para pelanggannya menikmati acara-acara yang diminati.

Sebagai penyuka masak-memasak, Asian Food Channel adalah channel favorit saya. Perkenalan saya dengan Jamie Oliver, Anthony Bourdain, Gordon Ramsey, Anna Olson yang gue banget, tidak lupa juga menyebut Nigella Lawson semuanya difasilitasi oleh Asian Food Channel. Dan sekarang AFC membawa saya melihat dengan mata kepala sendiri seorang seleb chef terkenal, Roger Mooking ! Dan …bukan cuma melihat langsung, tapi Roger Mooking memasak buat kami semua yang hadir ! Bayangkan bagaimana excited-nya kami !

Acara berlangsung dengan sangat cair. Roger mendatangi tiap meja dan menyapa semua orang. Tanpa canggung dia berada di antara staf kitchen dimana mereka bersama-sama menyiapkan hidangan.  Staf kitchen cukup sibuk karena mereka harus menyiapkan 5 macam hidangan untuk masing-masing tamu yang hadir.

img1445333249574

Makan malam hari itu dibuka dengan semangkuk appetizer,  Steamed Duck Egg – King Oyster Mushroom, Sesame Oil, Razor Herbs. Telur bebek yang dikukus dengan sedikit bumbu dan taburan wijen memang menjadi hidangan pembuka yang agak unik, begitu juga cara makannya. Sendokkan garlic bread yang di atasnya ada jamur krispi dan herb ke dalam mangkuk berisi telur bebek kukus, lalu kita makan dengan sekali suapan. Perpaduan semua bahan yang bercampur di mulut ternyata menghasilkan rasa yang menyenangkan, meski kita musti tutup mata dengan urusan kolesterol memakan dua butir telur bebek sekaligus .. Sebaiknya memang kita memakan appetizer ini panas-panas sewaktu telur masih dalam keadaan setengah matang.img1445332635228

Hidangan selanjutnya adalah Green Coconut Curry – Whitefish, Moo’s Chutney. Cara penyajian hidangan ini cukup atraktif. Pelayan membawa piring yang berisi irisan ikan, lalu menuangkan kuah santan kari dengan menggunakan teko porselen. Green coconut curry ini mengingatkan saya dengan opor ayam kuah cair untuk hidangan Hari Raya. Sepertinya Roger ingin menekankan kesan Asia pada hidangan soup ini  dengan penggunaan santan.

img1445333113359
Salad 5 Spiced Floats menjadi hidangan berikutnya yang jadi favorit saya. Nama langkap dari hidangan ini adalah 5 Spiced Float – Braised Lamb, Micro Greens, Pickled Carrots, Ginger. Salad ini adalah roti sandwich  yang diisi dengan daging domba, irisan wortel, irisan jahe dan sayuran serta diberi saus mayonais spesial. Meski menggunakan irisan daging domba, salad ini sungguh ringan dan menyegarkan. Enak, lah …

img1445328130597

Setelah puas menikmati tiga hidangan yang lezat itu , Roger lalu mengajak kita semua meyaksikan dia memasak Beef Tenderloin. Chef satu ini begitu luwes menyiapkan bahan masakan, memotong bahan lalu memasak dengan cepat. Beef Tenderloin with Black Bean Shrimp and Broccoli Dust ini lalu menjadi hidangan utama yang disajikan di meja kami masing-masing.

Saya cukup surprais dengan potongan daging sapi yang cukup besar buat saya. Daging diiris tebal, lalu dimasak medium rare. Sausnya adalah perpaduan irisan udang,brokoli yang diambil bagian hijaunya saja lalu diberi saus tauco dan kecap. ..Asia banget , yaaa … Beef tenderloin ini disajikan dengan tumisan brokoli yang dipotong kecil-kecil.

img1445328732922

Untuk meringankan perut yang sudah terisi maksimal, datanglah hidangan terakhir , dessert Manggo Lassi Ice Cream Honey Rosewater, Pistachio, Indian Puffed Rice . Untunglah dessert ini ringan dan menyegarkan. Es Mangga yang sedikit asam, diberi taburan pistachio dan Indian Puffed Rice ini memang cocok menjadi hidangan penutup makan malam yang menyenangkan ini.
20150914_221022

Lengkap sudah ! Menyenangkan sekali malam ini kami dapat menghadiri acara ini. Terima kasih buat Indovision dan AFC untuk semuanya. Juga tidak lupa saya ucapkan terima kasih buat para staf Blue Grass Grill & Resto yang ramah dan sigap melayani kami. Sukses, yaa buat semua …

img1445328377383

=========================================

Acara : Amazing Grill with Roger Mooking

Tanggal  : 14 September 2015

Tempat  : Blue Grass Grill & Resto

Penyelenggara : Indovision & Asian Food Channel

=========================================

4 thoughts on “Satu Malam Bersama Man.Fire.Food. – Roger Mooking

Leave a Reply

