Mau Makan, Mau Meeting Atau Mau Dua-duanya ?

Minggu lalu saya ada janji meeting di luar kantor dengan salah seorang partner kerja. Sejujurnya saya lebih suka meeting dilakukan di kantor. Soalnya kalo meeting di kantor kan enak, perlu presentasi tinggal pasang proyektor, mau nulis-nulis juga ada papan tulisnya. Ehmm… sebenernya alasan juga sih … Saya rada males keluar kantor ngebayangin macet di jalan, mending conference call kalau terpaksa.

Tapi mau nggak mau, untuk ngejar waktu kami harus janjian di satu tempat yang nggak jauh dari tempat kami masing-masing berada. Sebenarnya di Jakarta ada beberapa tempat yang disewakan untuk keperluan meeting atau seminar kalau meeting di kantor tidak memungkinkan. Kita bisa sewa tempat dan beberapa fasilitas yang disediakan. Untuk kegiatan yang sudah direncanakan jauh hari, tempat seperti itu bisa jadi pilihan, karena biasanya kita harus reservasi terlebih dahulu. Tapi untuk meeting-meeting rutin, lebih efektif jika kita pilih tempat yang kita bisa datang secara dadakan, ada tempat duduk yang nyaman dan bisa pesan makanan atau minuman.

Pilihan paling sering saya meeting di mall. Jakarta banget, ya .. apa-apa mall. Tapi mau tidak mau mall jadi pilihan karena sudah jelas lokasinya di mana. Kita tidak perlu ngasih alamat lengkap untuk janjian di Senayan City, Plaza Senayan , Pacific Place dan sebagainya. Cukup nama mall-nya saja semua orang sudah tahu jadi kecil kemungkinan nyasar. Untuk yang membawa kendaraan juga lebih enak karena parkiran biasanya kosong pada saat jam kerja. Tapi memang yang buat sakit perut itu tarif parkirnya, yaa …huhuhu…

Nah kalau sudah di dalam mall, lokasi kami meeting bisa dipastikan ada di salah satu tempat makan yang ada di mall tersebut. Saya mau cerita, nih. Di mana saja biasanya saya dan rekan bisnis melakukan meeting. Di tempat-tempat ini juga biasanya saya buat janji dengan teman-teman untuk sekedar kangen-kangenan dan gosip kecil-kecilan.

EAT & EAT  FX SUDIRMAN

cats1

Sudah beberapa tahun belakangan ini Eat & Eat, suatu tempat makan berkonsep food court hadir di Jakarta. Eat & Eat mengumpulkan beberapa rumah makan yang sebelumnya sudah terkenal akan spesialisasi makanan masing-masing ke dalam satu kawasan. Tentu saja konsep seperti ini sangat menyenangkan buat para pelanggan. Kita nggak perlu jauh-jauh ke Pontianak, misalnya , untuk merasakan nikmatnya mie kepiting Pontianak. Meskipun banyak makanan dari luar, tapi makanan Indonesia paling enak, dan kita dibuat kebingungan sama Eat & Eat mau pilih makanan Indonesia yang mana. Sate Tengkeng , kah ? Coto & Konro  Makassar ? Nasi Goreng Kambing ? Nasi Bali ? dan yang enak-enak lainnya.

Salah satu lokasi Eat & Eat yang acap saya datangi adalah Eat & Eat di FX Sudirman. Eat & Eat ada juga di Gandaria City, Kota Kasablanka, Kelapa Gading , dan beberapa taempat lainnya.

Enaknya di Eat & Eat adalah tempat duduknya yang menggunakan meja dan bangku panjang, jadi bisa duduk rame-rame, apalagi kalau janjian meeting atau ketemuannya dengan banyak orang. Jadi kita nggak perlu geret-geret meja kursi biar bisa duduk bersama-sama.

Biasanya, di acara meeting atau ketemuan dengan teman, sistem bayar makanannya do dutch aja, alias bayar masing-masing. Kita bisa datangi setiap stall makanan, pilih dan bayar. Sebelumnya kita beli card di kasir. Setiap orang bisa memilih apa yang ingin dimakan pada saat itu. Jika kita kebetulan mau traktir semua teman, gampang saja. Kita bisa beli card lalu kita bagi-bagi ke teman-teman. Mereka masih bisa pesan masing-masing, dan ditraktir lho .. 🙂

20150815_180457 20150815_180657

20150815_182344

RUMATE

Ada satu tempat di hampir ujung jalan Agus Salim, yang biasa juga kita sebut jalan Sabang yang bisa jadi kandidat buat ngadain meeting kantor atau janjian dengan teman. Tempatnya tidak terlalu besar. Jadi ini cocok buat meeting dengan satu atau dua orang saja, sembari kita minum teh tarik malaka dan makan pisang goreng. Saya suka makan di sini karena menu-menunya sangat khas dan enak.

Kalau kita meeting jam 3 di mana biasanya sudah makan siang, kita bisa pesan kudapan-kudapan khas yang enak-enak seperti lumpia jakarta, kroket belanda, ketan susu, ketan bumbu sampai pisang goreng juga ada. Di situ juga ada kopi tetes vietnam yang terkenal itu. Dan kalau mau rasa jadul, ada juga es saparella yang biasa diminum sama Lucky Luke 🙂 Saya malah beli saparella berserta botolnya yang unik itu buat dibawa pulang .

20150824_130022 20150824_131523 20150824_131532

FOOD COURT AMBASADOR …oohh ..I love it !

20150826_132947-horz

Saya nggak tau ya apa yang membuat saya dan ratusan orang lainnya selalu datang dan datang lagi ke Mall Ambasador. Dari lokasi jelas nggak strategis sekali. Jalan menuju Mall Ambasador selalu macet, begitu juga jalan pulangnya. Tapi Mall Ambasador dan ICT Ambasador yang terletak di sebelahnya adalah tempat yang asik buat kita datangi, seperti punya magnet buat kita datang dan datang lagi ke sana.

Magnet di Ambas, biasa kita bilang begitu, adalah banyaknya toko-toko yang jual barang dengan harga yang reasonable. Sebut deh kita butuh apa, dari celana dalam, kaos dalam, jepit rambut , gunting kuku, baju bayi, kerudung, baju batik , baju musim dingin, handphone, komputer, kamera ?? … sagala ayaa … Belum lagi printil-printilan kayak plastik bungkus kue, kotak kado, figurine /boneka kecil karakter film, terlalu banyak buat disebut. Nah magnet ini nih yang bisa mengalahkan macet dan penuhnya parkiran di Ambas. Orang tetap datang ke sana.

Soal makanan lebih seru lagi. Selain food court di Ambasador, rumah makan-rumah makan yang berdiri sendiri, juga ada tempat makan unik di jembatan yang menghubungkan Mall Ambasador dan ITC Ambasador. Di sepanjang lorong jembatan disediakan meja makan panjang di mana kita bisa duduk bersantap makanan nusantara. Jenis makanannyapun bermacam-macam. Meski nggak dari Sabang sampai Merauke (soalnya saya belum ketemu masakan Papua di sana), tapi pilihan sangat banyak. Mie Aceh, RM Padang (ow tentunya), RM Manado, sambel-sambelan … ahhh datang aja deh ke sana, lihat dan cari pengalaman sendiri di sana.

Saya tidak pernah meeting di Ambas, tapi sering janjian makan siang dengan teman di sana. Saya paling suka duduk di sisi yang menghadap ke selatan, di mana saya bisa lihat jalan layang dan kantor XL. Coba deh amati jalan layang yang pembuatannya bikin tambah macet kawasan itu, tapi penggunaannya kok menurut saya nggak maksimal. Yang lewat jalan layang sangat sedikit. Kadang-kadang motor lewat di jembatan itu. Saya suka tebak-tebakan ada berapa motor yang sudah lewat.

Nah, makan sembari menghadap pemandangan seperti itu asik juga, lho.

MBAH JINGKRAK

20150903_124152

Ayaya…sudah kebayang pedassnya menu-menu yang ada di Warung Mbah Jingkrak. Salah satu warungnya terletak di Setiabudi Tengah , dekat dengan kantor saya.

Selain kita datang ke lokasi warung Mbah Jingkrak, kita juga bisa pesan nasi bungkus buat dimakan saat meeting. Tentu saja kita musti siap-siap air putih atau apalah buat menghalau rasa pedas di setiap menu Mbah Jingkrak. Biar meetingnya tambah seru, memang perlu menu yang seru juga !!

Btw, saya agak penasaran dengan bumbu andalan Mbah Jingkrak. Apa ada yang bisa kasih tau saya, apa Mbah Jingkrak punya perkebunan cabe yang luas ? Gila deh, jamannya cabe lagi mahal mahalnya, menu di sana tetap saja pakai sambal yang berlimpah … huaaahhhhh pedasnyaa ..

20150903_123921-horz

SPAGEDDIES SENAYAN CITY

Di Senayan City ada puluhan restoran yang bisa kita jadikan tempat meeting, atau sekedar makan-makan. Salah satunya saya pilih Spageddies ! Alasan pertama adalah karena memang makanan di sana enak-enak. Alasan kedua adalah karena saya bisa lihat sungai mengalir dengan air yang jernih di tengah kota Jakarta ! Ini bukan sungai Ciliwung yaa … tapi sungai buatan yang jadi ornamen di lapangan golf Senayan. Tapi serius , deh … enak lihat hijau-hijau dan air mengalir di panasnya Jakarta. Kalau mau dapat pemandangan seperti ini, kita musti duduk di kursi paling pojok restoran.

cats5

Ini menu yang pernah saya coba di sana, Primo Combo dan Escargot.

20150906_170336 20150906_170738

OMAH PAWON

20150908_130937

Pada suatu hari saya janjian ke kantor klien di daerah selatan. Sebelum ke kantor tsb. saya mencari tempat makan siang yang dekat daerah kantor klien saya itu. Saya tahu kalau di jalan Ampera Raya banyak bisa kita temui rumah makan. Kebetulan saya dari arah jalan arteri dan rumah makan pertama yang saya ketemu adalah Omah Pawon. Karena mengejar waktu, saya langsung belok ke rumah makan tsb.

Ternyata Omah Pawon tempatnya asik juga. Ada satu meja dipakai pelanggan buat meeting. Di situ juga disediakan free-wifi, asik kan. Makanan di Omah Pawon juga enak-enak.

Saya tidak berlama-lama di Omah Pawon. Tapi sepertinya bisa dicoba datang lagi ke sana di lain kesempatan.

20150908_132036-horz

Kalau mau ditambah lagi, masih banyak tempat yang bisa saya tulis di sini, tapi saya pikir akan kurang dijadikan referensi. Kalau mau coba, ada aplikasi resto yang bisa kita pakai untuk mencari rumah makan. Kita bisa cari berdasarkan lokasi terdekat rumah makan tersebut dari tempat kita berada. Atau kita mau bela-belain cari rumah makan yang sudah direfernsikan oleh editor aplikasi tersebut ? bisa juga ..

Mobile apps tsb. namanya Open Snap. Coba deh download di Play Store. Mau cari 10 resto terbaru di Senopati ? 15 kuliner paling enak di Pasar Santa ? 20 Jajanan favorit ala Taiwan ? 20 kuliner terpopuler di Aeon Mall ? 20 steamboat & suki terenak di Jakarta ? Kuliner Thailand terpopuler ? Martabak terpopuler di Jakarta ? Sandwich paling mantab di Jakarta ? 10 fine dining terpopuler di Jakarta ? …atau Kafe dan Resto D-I-Y di Jakarta ? Resto dengan WiFi tercepat di Jakarta ? dan masih banyak lagi informasi tentang tempat makan ? Silakan deh coba cari semua informasinya yang disediakan lengkap di Open Snap.

Jadi kalau pas musti meeting di luar kantor dan bingung mau cari tempat meeting sekalian makan siang , sekarang gak perlu lagi yaa karena sudah ada mobile app Open Snap.

5 thoughts on “Mau Makan, Mau Meeting Atau Mau Dua-duanya ?

  1. Pingback: Langkah praktis membangun bisnis media online

Leave a Reply

