Resep Picnic Roll

IMG_1380

Ini resep gerak cepat. Idenya dari oleh-oleh khas Bandung, si kondang Picnic Roll .. !!

Gampang buatnya karna sekarang sudah banyak yang jual kulit pastry siap pakai. Awal-awalnya kulit pastry siap pakai ini beredar di swalayan masih sekitar harga Rp 18.000. Mangkanya saya kalau beli nggak cuma satu , dua saja. Murah, dong dibanding harus giling-giling adonan pastry sendiri.

Tapi sekarang harganya sudah di atas Rp 30.000 . Alasannya bukan dolar yang naik terhadap rupiah, kalo menurut saya sih. Okelah itu salah satu komponen kenaikan harga puff pastry. Tapi sepertinya karena kulit pastry siap pakai ini banyak peminatnya. Jadi harganya dinaikin.

Picnic Roll ini buat bekal anak-anak sekolah, sekalian buat makan pagi. Tapi saya nggak sanggup kalau siapkan dan mengovennya pagi hari. Jadi saya buat Picnic Roll ini malam-malam. Rencananya supaya pagi tinggal makan.

Sewaktu keluar dari oven aromanya sudah ke mana-mana. Kulit pastry-nya garing. Enak , deh. Cuma sayangnya setelah dingin, bagian bawah pastry jadi bersatu padu saling menempel antara lembar pastry yang bedekatan, meskipun rasanya tetep dong enak.

Ini resepnya untuk yang mau coba. Simple , kok.

IMG_1382

Recipe : Tiara Kusumawardhani

Bahan Kulit :
3 lembar Puff Pastry siap pakai ukuran 20x20cm

Bahan Isian:
2 lembar roti tawar, direndam dengan sedikit susu UHT sampai terbentuk bubur kental
275 gr daging sapi cincang
1 buah bawang bombay, potong kotak kecil
4 siung bawang putih, digeprek dan rajang halus
1 buah wortel, di serut dengan menggunakan parutan keju
1 butir telur
1 sdm mentega
Kecap Inggris
Garam
Gula pasir
Lada putih halus
Bubuk lada hitam
Pala

Bahan Pelengkap:
3 butir telur rebus, potong-potong

Bahan Olesan :
1 butir kuning telur

Cara Membuat:
Adonan Isian :
– Tumis bawang bombay dan bawang putih dengan mentega sampai wangi, masukkan serutan wortel, tambahkan bumbu sesuai selera, kecap inggris, aduk-aduk sebentar, tutup wajan untuk mematangkan wortel. Matikan kompor dan sisihkan.
– Dalam suatu wadah masukkan tumisan bawang bombay, bawang putih, wortel, bubur roti tawar, daging cincang. Masukkan telur kocok, aduk rata dgn sendok kayu. Tes rasa, sesuaikan jika ada yang kurang. Adonan isi dibagi 3.

Penyelesaian:
– Siapkan selembar puff pastry (tidak perlu digilas lagi), tuang satu bagian adonan isian di satu sisinya. Tambahkan potongan telur rebus, disepanjang adoanan isian.
– Tutup kulit pastry dengan sisi yang kosong. Jaga jangan sampai ada adonan yang menyentuh tepi kulit pastry. Tekan-tekan sedikit pinggirannya supaya kulit pastry tertutup rapat. Beri keratan kecil di bagian atas permukaan pastry untuk memberi jalan uap panas keluar
– Olesi permukaan pastry dengan kuning telur. Panggang di oven dengan suhu 200 derajat kurang lebih 30 menit atau sampai matang.

Hasil : 3 buah picnic rolls

IMG_1388

Advertisements

5 thoughts on “Resep Picnic Roll

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s