In style Hongkong – Yuk Cobain Masakan Gaya Hongkong :)

Ini adalah cerita tentang sejarah masa silam yang berlanjut ke jaman sekarang. Sepertinya Inggris sudah menyangka kalau Hongkong, nama tempat dalam sejarah ini, akan menjadi tempat yang sangat strategis, sehingga setelah kemenangan mereka dalam Perang Candu, Inggris menyewa Hongkong dari China selama 99 tahun. Di tangan Inggris, Hongkong melesat menjadi pelabuhan besar, pusat perniagaan penting di wilayah Asia.

Hongkong terus bersinar menjadi tempat penting di dunia sampai saat ini, meskipun sekarang Hongkong sudah kembali menjadi Wilayah Administratif Khusus di Republik Rakyat Tiongkok. Hongkong memiliki banyak prestasi di bidang perekonomian. Sebagai wilayah yang memiliki populasi sebanyak 7 juta jiwa adalah sesuatu yang membanggakan jika Hongkong menjadi pusat finansial dunia, direfleksikan dengan berbagai event seperti Asian Finansial Forum, yang mengumpulkan para pemimpin bisnis dan pemegang kebijakan datang ke Hongkong setiap tahun untuk berdiskusi mengenai bagaimana Asia yang semakin kuat sebagai fokus pasar global.  Sekitar 3800 perusahaan asing dan Tiongkok Daratan telah memilih Hongkong sebagai kantor pusat dan kantor cabang mereka. Hongkong adalah ‘melting pot’ untuk semua ras bangsa yang ada di dunia ini.

Di bidang kuliner, meskipun pengaruh kuliner China sangat kuat , tapi Hongkong juga punya gaya sendiri untuk menyajikan hidangan-hidangan lezatnya. Pengaruh budaya Eropa juga bagian Asia lainnya menjadikan kuliner Hongkong lebih bervariasi dan tentu saja lezat. Bersama Celebrity Chef asal Hongkong, Walter Kei , kami dari komunitas foodblogger sudah  membuktikan lezatnya masakan Hongkong !!

YaP ! Chef super sibuk yang sempat-sempatnya tiap bulan posting 30 artikel untuk diterbitkan di media China, Taiwan dan Hongkong itu, datang ke Jakarta dan ngajarin kami masak, lho.. Dan asiknya lagi, bukan cuma diajarin, kami dibagi atas beberapa grup untuk bersama-sama praktek masak salah satu hidangan penutup, yaitu Banana Brulee.

Jadi menurut Walter Key, seperti halnya Hongkong yang menjadi ‘melting pot’ tempat berbaurnya orang-orang seluruh dunia mencari rejeki, masakan Hongkong-pun adalah ‘melting pot’ , yang mendapat pengaruh dari berbagai jenis masakan yang ada. Bumbu-bumbu dalam masakan Hongkong memang cenderung lebih simpel dibanding dengan masakan Asia lainnya, sebut saja India, Thailand ataupun Indonesia. Proses masakpun biasanya lebih singkat. Steamed atau kukus, adalah salah satu cara memasak yang sangat populer untuk masakan Hongkong. Tapi masakan gaya Hongkong bisa ber-fusi dengan, sebut saja masakan Eropa, menghasilkan cita rasa yang sedikit beda dengan masakan asli China.

IMG_1722

Walter Key membawakan tiga hidangan khas Hongkong yaitu Beef Roll with Vegetables, Steamed Chicken with Chinese Mushroom dan Banana Brulee. Resepnya juga dibagikan , lho … nanti saya ketikkan 🙂

Beef Roll Vegetables gampang sekali membuatnya. Prinsipnya kita tinggal siapkan sayuran dan irisan daging tipis. Sayuran dibungkus dengan daging, lalu kita kukus. Gitu aja , sih … Gampang, ya.

Beef Roll with Vegetables – Appetizer

Bahan-bahan :

300 g irisan daging sapi Angus

100 g timun

100 g wortel

170 g jamur enoki

1/2 sdm wijen matang yang telah ditumbuk

Bumbu :

1 sdm pasta cabe Korea

1 sdm minyak truffle

1 sdm air dingin matang

Garam

Lada hitam tumbuk kasar

Metoda :

1. Cuci timun dan wortel secara menyeluruh, dan iris halus. Buang ujung jamur enoki, dan potong secara rata sesuai dengan ukuran irisan daging sapi. sisihkan sebagian untuk pemakaian nanti.

2. Lunakkan irisan daging sapi dengan meletakkannya di bagian bawah kulkas semalaman. Lalu keluarkan sebelum penggunaan. Letakkan sayuran secara merata di atas irisan daging, taburi garam dan lada hitam tumbuk sesuai selera, lalu gulung.

3. Campur pasta cabe Korea , minya truffle dan air dingin matang untuk digunakan nanti

4. Tempatkan gulungan daging ke oven kukus lalu kukus selama 2 menit dengan temperatur 85 derajat celcius. Taburi wijen tmbuk dan celupkan ke pasta truffle untuk disajikan.

IMG_1791

Nah, ini penampakan Beef Roll with Vegetables yang sudah porak-poranda …ha ha …

Menu berikutnya adalah Steamed Chicken with Chinese Mushroom (Main Course)

Sama dengan menu sebelumnya, masakan ini juga simpel sekali. Ayam kita bumbui, lalu kukus. Selesai !

Bahan – bahan :

500 g ayam

25 g jamur

Bumbu :

1/2 sdm minyak wijen

2 sdm Shaoxing wine (Chinese wine)  <—bisa di-skip

1/2 sdt lada

1/2 sdm saus tiram

1/2 sdt gula

1/2 sdm saus kecap asin

100 ml air

1 sdt tepung maizena

Metoda :

1. Rendam jamur ke dalam air 100 ml hingga lunak

2. Bilas daging ayam secara menyeluruh, potong-potong, lalu masukkan ke dalam mangkuk besar. Aduk hingga rata dengan bumbu. Rendam jamur porcini dalam air, dan bungkus dengan alumunium selala 1 jam pada suhu ruangan hingga bumbu dapat meresap.

3. Letakkan ayam yang telah dibumbui ke dalam oven kukus, lalu kukus selama 38 menit pada temperatur 75 der cel hingga matang. Sajikan.

IMG_1795

Ini penampakannya… Oya, perihal 38 menit ini seperti angka keramat, ya 🙂 .., mungkin bisa  dibuat  40 menit saja biar genap ..gampang lihat jamnya 🙂

Hidangan selanjutnya, yang juga sama-sama kami praktekkan adalah Banana Brulee with Chinese Sticky Ball (Rice Dumpling) .

Kita diajarkan membuat dumpling..hmmm… miriplah caranya dengan membuat klepon. Yang unik dari Banana Brulee ini adalah menyajikan pisang yang dibelah bersama kulitnya, lalu dibekukan. Setelah beku, kita kupas pisang tersebut, beri gula pasir lalu kita bakar. Nah, bakarnya pakai blow torch. Sumpah , deh. Ini kali pertama saya pakai blow torch. Tapi asik sekali membakar gula pasir di atas pisang sampai mendidih lalu terkaramelisasi. Hasilnya bagaimana ? … nih lihat resepnya terlebih dulu  🙂

Banana Brulee with Chinese Sticky Ball (Rice Dumpling) – Dessert

bahan :

1 pisang

100 g tepung beras ketan

75 g air

20-30 g tepung kacang

Isi untuk bola kanji :

3 sdm selai kacang

4 sdt icng

serpihan cokelat

2 sdm serpihan almond

gula putih

Metoda :

1. Belah pisang menjadi dua bagian dan bungkus dengan plastik bening. Bekukan ke dalam kulkas selama 20 jam.

2. Campurkan tepung beras ketan dan air ke dalam mangkuk dan uleni adonan. Aduk selai kacang dengan icing untuk digunakan sebagai isi dari bola-bola kanji nanti.

3. Rebus sepanci air dan tuangkan bola-bola ke dalam panci. Rebus dengan api kecil hingga bola-bola mengembang. Bola-bola siap diangkat ketika sudah mengembang.

4. Campurkan tepung kacang, serpihan irisan cokelat dan serpihan almond ke dalam mangkuk

5. Baluri bola-bola dengan tepung kacang dan letakkan di atas piring

6. Taburkan gula di bagian atas pisang yang telah beku, lalu bakar gula dengan blow torch hingga gula terkaramelisasi. Hidangan siap disajikan.

IMG_1748

Nah, ini hasilnya …  paduan karamelisasi gula yang kriuk-kriuk  dan manisnya pisang membuat sensasi makan pisang yang unik. Bola-bola dumpling-nya juga enak. Cuma saja sepertinya serpihan cokelat tidak dicampurkan dengan tepung kacang. Jadi dumpling yang matang ditaburi tepung kacang terlebih dahulu, setelah agak dingin baru ditaburkan serpihan cokelat dan serpihan almond. Kalau tepung kacang, cokelat dan almond langsung dicampur, pada saat dimasukkan dumpling matang yang masih panas, akan membuat cokelat meleleh.

Tadi saya belum bilang, ya  di mana acara berlangsung . Hampir terlupa padahal ini yang penting, karena kalau kita mau coba masakan Hongkong, dengan sentuhan Western, ke mana lagi tujuannya kalau bukan ke HK Cafe yang berada di Jl. Sunda. Sebelahnya Sarinah Thamrin.

IMG_1786

HK Cafe tempatnya cozy banget, meski berada di tengah keramaian kota Jakarta. Menu-menunya juga menarik buat dicoba. Datang aja deh. HK Cafe ini juga sudah ada sertifikasi halalnya.

IMG_1762

Hongkong Cafe Special Baked Rice

IMG_1765

Steamed Prawn Dumpling (Ha Kau)

 IMG_1775

HK Crispy Fried Carrot Cake

 IMG_1781

Fried Chicken Orange Sauce

IMG_1784

Seafood Mushroom Cream Baked Rice

IMG_1760

Steamed Chicken & Prawn Dumpling (siew Mai)

 IMG_1778

Mango Kiwi Shaved Ice

 IMG_1799 Salah satu sudut di HK Cafe

Nah, semua tentang Hongkong memang tidak ada habisnya. Apalagi sebentar lagi akan ada acara In Style Hongkong di Jakarta Conventional Center yang bertujuan untuk menyorot gaya hidup serta kreatifitas Hongkong yang dinamis dan unik. Di acara yang akan diadakan tanggal 17-19 September 2015 ini akan menampilkan produk-produk bermerek dan berdisain terbaru.

Di In Style Hongkong akan ada zona tematik seperti, fashion in style, electronic in style, suvenir dan peralatan rumah tangga in style dan perhiasan dan jam in style. Selain itu juga akan diadakan beberapa acara-acara bisnis lainnya. Untuk ikutan acara kita bisa daftar melalui web site http://expo.instyle-hk.com .

Ayo segera daftar untuk bersama merasakan gimana Hongkong punya gaya 🙂

Advertisements

12 thoughts on “In style Hongkong – Yuk Cobain Masakan Gaya Hongkong :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s