Country-Style Donut a.k.a Donat Kampung

IMG_1834

Ini donat kesukaan keluarga saya. Donat ala kampung yang ingredient-nya gampang ditemui di warung-warung dekat rumah. Meskipun demikian, rasanya enak, menul-menul empuk meskipun sudah satu hari di luar. Kalau dua hari gimana ? Kalau dua hari saya nggak tau, soalnya donatnya sudah habis, gak bisa bikin testimoni.

Kalau mau coba, ini resepnya :

Bahan :

500 gr tepung terigu protein tinggi

100 gr gula pasir

2 sendok teh ragi instan (saya pakai Fermipan)

75 gr mentega (saya pakai margarine)

3 kuning telur

225 air putih

2 sachet susu bubuk ( kira-kira 50 gram)

Caranya :

Masukkan semua bahan ke dalam mixer. Aduk rata. Masukkan air sedikit demi sedikit. Aduk terus sampai kalis elastis.

Diamkan adonan di dalam baskom. Beri minyak goreng di permukaan adonan. Tutup baskom dengan kain lembab.Β  Diamkan di tempat gelap sekitar 1 jam.

Adonan akan mengembang 2 kali lipat. Tinju adonan untuk menghilangkan udara yang terperangkap di adonan.

Bagi adonan menjadi 2 bagian. Lalu 2 bagian dibagi 2 dan selanjutnya sampai adonan terbagi menjadi 32 bagian kecil. Bulat-bulatkan adonan, bolongi tengahnya, letakkan di loyang.

Diamkan selama kurang lebih 15 menit.

Panaskan minyak goreng. Jika sudah panas, kecilkan api kompor jadi minyak tidak terlalu panas ketika menggoreng. Goreng adonan donat tsb.

Jika sudah dingin , beri icing sugar.

IMG_1839-e1

Biasanya kalau saya bikin donat , harus berjuang dengan semangat maksimal. Ini ada nih perjuangan bikin donat kentang. Donat kentang juga enaakk ….

https://kokifrustasi.wordpress.com/2014/04/02/donat-kentang-ncc-lagi/

IMG_1838

Untuk kali sekarang , saya buatnya pakai mixer .. yiihhhaaa … akhirnya punya mixer buat bikin donat juga .. Alhamdulilah. Nah , kalau pakai mixer ternyata enak banget dibanding ngulenin manual ..blah anak kecil juga tau πŸ™‚

Sudah gitu, karena mungkin yaa pakai mixer, jadinya kalis elastis banget. Adonan bisa ditarik tipis. Dan sepertinya itu yang membuat donat kampung buatan saya kali ini benar-benar empuk. Empuknyapun bertahan sampai keesokan hari.

IMG_1841

Silakan yang mau coba, yaa … πŸ™‚

Advertisements

8 thoughts on “Country-Style Donut a.k.a Donat Kampung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s