Sosis Solo Sedap Sekejap

Afif protes karena tiap hari bekal untuk snack time itu itu aja. Yaa dasar ibunya emang rada males, nih jadi buat bekalnya yang simpel-simpel aja kayak roti isi meises, roti bakar, nasi goreng ayam, nasi goreng telur, besoknya roti lagi … gimana nggak bosen anaknya.

Waktu pulang dari Makassar, nenek kasih oleh-oleh apa tuh namanya , kelapa yang dicampur gula merah yang buat isian dadar gulung. Di rumah saya tinggal bikin kulit dadar gulungnya, lalu tinggal isi dan lipat. Beres, deh. Afif suka makan dadar gulung. Oya, adonan kulit dadar gulung nggak saya kasih pasta pandan. Sebenarnya di rumah banyak banget daun pandan, dan bisa minta daun suji ke tetangga buat bikin pasta pandan yang original. Tapi ih ribet, ya.

Eyy ternyata reaksinya menyenangkan juga. Kata Afif, waahh keren dadar gulungnya gak berwarna hijau ! eh ini memuji atau nyindir. Terus dia bilang, kayaknya enak nih , bu kalau diisi daging cincang. Okee, ntar ibu buatin.

Nah, janji itu yang ditagih sama Afif.

Saya kepikiran buat bikin sosis solo. Kan enak, tuh dan rasanya  juga nggak terlalu susah buatnya. Resep saya ambil dari Sajian Sedap.

Ketika membuat adonan kulit, saya ngerasa resep ini terlalu kental, lalu saya tambah air santan encer kira-kira 3/4 gelas. Huu..banyak , yaa …. Adonan memang jadi encer dan lebih gampang digoreng. Cuma memang harus hati-hati menggorengnya jangan sampai robek. Kalau di resep ditulis untuk 12 buah, dengan penambahan santan saya dapat sekitar 21-22 buah kulit. Lumayan nambah banyak 🙂

Tadi malam jadinya Afif nungguin saya mempersiapkan kulit sosis solo. Dia ikut-ikutan menuangkan adonan ke wajan kecil dan ikut-ikutan melipat kulit yang sudah diisi bahan isian. Hasilnya ya amburadul musti diulang lagi sama ibu. Wk ..wk ..

IMG_1356-e

Proses pembuatan tadi malam berhenti sampai selesai mengukus sosis solo karena rencananya akan saya goreng besok pagi. Tapi sampai proses ini sebenarnya sosis solo sudah matang dan bisa dikonsumsi. Saya berdua Afif lalu mengambil beberapa. Ternyata dia suka dan request nggak mau digoreng takut jadi kriuk-kriuk.

Oke, lah …lihat gimana besok pagi aja. Sudah malam dan Afif juga sudah ngantuk berat.

IMG_1360

Paginya, saya goreng sosis solo dengan sebelumnya dibalur dengan kocokan telur. Eh ini gak ada di resep, yaa … Yang nggak ada di resep juga, saya tambahkan irisan wortel pada bahan isian. Lumayan lah biar anaknya kemasukan sayuran juga.

Afif sempat protes karena sosis solonya digoreng. Eiitt dia belum nyobain udah protes aja. Tapi setelah dia coba, dia mau makan dan bawa ke sekolah.

Sip lah kalau gitu. Mission accomplished !  uppss…kata siapaa … tau-tau dia bilang, besok bikin bakpau , yaa Buuu !!

Siaapp !!

IMG_1373

Sosis Solo – Sajian Sedap

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
Bahan Kulit:
1 butir telur, kocok lepas
150 ml santan dari 1/4 butir kelapa
50 gram tepung terigu
1/4 sendok teh garam
minyak untuk menggoreng
Bahan Isi:
150 gram daging giling
1 lembar daun salam
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
3/4 sendok teh gula pasir
100 ml santan dari 1/4 butir kelapa
1 sendok makan minyak goreng untuk menumis
1 butir telur
Bumbu Halus:
3 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 sendok teh ketumbar bubuk
2 butir kemiri sangrai

Cara Pengolahan :

  1. Isi: tumis bumbu halus dan daun salam sampai harum. Masukkan daging giling. Aduk sampai berubah warna.
  2. Masukkan garam, merica bubuk, gula pasir, dan santan. Masak sampai meresap. Angkat. Tambahkan telur. Aduk rata.
  3. Kulit: Aduk rata bahan kulit.
  4. Buat dadar tipis di wajan datar kecil sampai adonan habis.
  5. Ambil selembar kulit. Beri isi. Lipat kiri kanan dan gulung.
  6. Kukus 10 menit di atas api kecil sampai matang. Dinginkan.
  7. Goreng sebentar di dalam minyak yang dipanaskan di atas api sedang asal kecokelatan.

Untuk 12 buah

Advertisements

3 thoughts on “Sosis Solo Sedap Sekejap

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s