Hunting Obyek Foto Menarik di Taman Safari Indonesia

IMG_9047

– Tulisan Pertama dari (Rencana) 3 Seri Tulisan yang Mau Dibuat –

Aaahhyyaaa….. sebelumnya nih … harap diingat kalau saya bukan photographer beneran. Saya hanya suka melihat obyek-obyek cantik (nggak cantik juga, sih) lalu saya ambil fotonya. Hobi banget photography, tapi saya masih banyak belajar. Saya submit beberapa group photography untuk mendapatkan banyak ilmu, trick maupun contoh-contoh gambar indah yang bisa jadi referensi. Grup-grup tersebut secara rutin akan mengirimkan notifikasi lewat facebook ataupun email jika ada artikel yang mereka posting. Jadi saya belajar photography setiap hari secara teori.

Salah satu sasaran saya dalam photography adalah foto makanan, atau food photography. Tapi selain itu juga saya mencoba eksplorasi berbagai jenis photography. Di blog saya ini, memang saya khususkan untuk ‘pamer’ foto-foto makanan. Nah, sekarang saya pingin buat tulisan berseri dengan tema photography, travel dan food dengan lokasi Taman Safari Indonesia. Untuk ulasan tentang makanan dalam seri blog saya ini adalah salah satu rumah makan yang terletak antara Jakarta dan Taman Safari Indonesia yang terletak di Cisarua, Bogor.

Pada saat ini ada tiga Taman Safari yang ada di Indonesia, yaitu Taman Safari Indonesia di Bogor, Taman Safari Indonesia di Pasuruan dan Bali Safari Marine Park di Bali. Dua dari tempat tersebut pernah saya datangi, yaitu yang di Bogor dan di Bali. Meskipun sama-sama Taman Safari, tapi keduanya memiliki keunikannya masing-masing. Jadi meskipun sudah pernah ke Taman Safari Indonesia di Bogor, nggak rugi juga datang ke Taman Safari di Bali. Suatu hari nanti kalau ada kesempatan saya juga ingin datang ke Taman Safari di Pasuruan.

Pergi ke Taman Safari atau Kebun Binatang adalah cara teraman mengambil foto beragam binatang, termasuk binatang buas dari jarak dekat. Bayangkan kalau musti ke hutan belantara, belum tentu kita ketemu binatangnya. Sekalinya ketemu binatang buas, mungkin kita jadi nggak kepikiran mengambil foto. yang utama malah menyelamatkan diri jangan sampai diterkam…hiiii…..

Binatang-binatang koleksi Taman Safari kelihatan jinak-jinak dan fotogenic. Mereka tidak takut dengan kamera. Malah seolah menunggu dan bergaya supaya kena bidikan kamera. Beberapa binatang berkeliaran di jalan seperti kuda zebra, bermacam unggas, llama.Saya juga sempat berpapasan dengan harimau yang ‘turun gunung’ lalu jalan-jalan di jalan mobil. Untungnya mereka nggak menggaruk ban mobil saya … bisa nyeessss gitu loohh di tengah jalan bersama harimau dengan mobil yang bannya compang-camping ..amiitt amiitt …!

Saya menggunakan kamera kesayangan saya, the one and only, Canon 600D. Sebagian besar gambar saya ambil dengan  lensa EFS 18-135mm. Dan jika jarak ke obyek agak jauh, lensa saya ganti dengan tele EFS 55-250mm. Jadi ganti-gantian pakai lensanya. Saya biasa pakai mode M. Tapi untuk obyek yang bergerak terus saya pindah ke mode Tv. Jadi saya cukup mengatur shutter speed (tv) saja. Berhubung cuaca pada saat saya ke sana sedang mendung, jadi saya harus mengatur ISO di atas 400.

Selain mengatur aperture, ISO dan shutter speed, saya juga membuat profile baru untuk Picture Style yang saya pakai. Biasanya kalau kita tidak mengkutak-katik Picture Style, maka mode yang dipakai adalah Picture Style Default. Canon sendiri sebenarnya sudah menyediakan picture style yang kita bisa pakai, menyesuaikan dengan obyek foto. Kita bisa memilih Picture Style standard, potrait, landscape, neutral, faithful, monochrome. Selain itu kita bisa membuat customized picture style seperti yang saya lakukan. Picture Style sendiri adalah salah satu fitur yang memungkinkan kita untuk  mengatur settingan warna (color balance) yang sesuai dengan kondisi pemotretan. Kita dapat mmengatur warna yang paling sesuai dengan obyek dan tema foto untuk memberikan karakter pada obyek foto melalui warnanya.

image

Kita dapat mengatur (menambahkan atau mengurangi)  sharpness, contrast, saturation dan color tone. Pada awalnya memang kita perlu referensi pengaturan terbaik yang seperti apa. Tapi yang terbaik untuk orang lain tentu berbeda dengan kita, karena obyek foto yang berbeda, sumber cahaya yang berbeda maupun cuaca yang berbeda. Jadi silakan bereksperimen dengan Picture Style ini.

Untuk foto-foto yang saya ambil di Taman Safari, saya menambahkan sharpness dan contrast dengan menggeser titik biru (pada gambar ) ke arah kanan.

IMG_9022

Ketika masuk ke gerbang Taman Safari kami disambut oleh burung-burung cantik ini. Setting kamera ISO 400, f/5.6. exposure time 1/400 sec, fl 135 mm. Burung cantik ini kadang berdiri mematung dengan sedikit menekuk leher bagian atas. Centil, ya .. 🙂 Ketika kita mau ambil gambarnya, tiba-tiba dia bergerak ! .. Bandel deh ..!! Untuk gerakan itu saya kompensasikan dengan mengatur exposure di 1/400 sec.

IMG_9023

Masih menggunakan setting yang sama ISO 400, f/5.6. exposure time 1/400sec , fl 135 mm

IMG_9026

ISO 400, f/5.6. exposure time 1/125 sec, fl 135 mm

IMG_9078

Gimana teman, setuju nggak kalau berang-berang ini lucu ?. Mereka ditempatkan di sungai kecil. Tiga ekor berang-berang bergaya di depan kamera saya. Sungguh, karena cahaya yang makin meredup akibat mendung dan rintik hujan mulai datang,  banyak foto berang-berang  jadi blur tidak bisa saya kompensasikan dengan mengatur shutter speed cepat (di atas 1/400 sec) supaya dapat membekukan gerakan mereka. Blur disebabkan  mereka bergerak secara tiba-tiba padahal tadinya berdiri mematung.  . Untungnya salah satu dari mereka tiba-tiba ‘mematung’ beberapa saat sehingga dengan setting ISO 800, f/5.6. exposure time 1/80 sec, fl 250 mm bisa difoto dengan cantik dan lucu.

IMG_9095

Leher jenjang ini sudah ketauan punya siapa …. Setting kamera f5.6, 1/160sec, ISO 800, fl 116 mm

IMG_9053

Ada yang tahu nama kucing besar ini apa ? Ya, benar …ini macan kumbang ! .. Dia hidup di atas pohon. Jadi bayangkan kalau kita ke hutan belantara lalu bertemu macan kumbang ini. Kita lari ..dia kejar … Kita panjat pohon ..dia sampai atas duluan !! … Jadi sudah benar deh kalau mau ambil foto macan kumbang lebih baik ke Taman Safari.

Kita memang harus hati-hati di sini. Tidak boleh membuka jendela mobil, apalagi keluar dari mobil. Sesekali saya nakal dengan membuka sedikit kaca mobil untuk mengeluarkan lensa kamera saya. Untuk aksi nakal ini musti koordinasi sama yang bawa mobil , yaa … Kalau tiba-tiba hewannya mendekat, supir musti buru-buru membantu menutup kaca mobil. Eiitt t… jangan ditiru ini ..hihihi…Setting kamera adalah ISO 800, f/5.6. exposure time 1/50 sec, fl 229 mm

IMG_9142

Yang mantab kalau kita bawa mobil yang lincah. Bisa dipakai rame-rame dengan teman-teman dan bisa sangat dekat dengan binatang-binatang. Saya melihat satu mobil Agya di depan saya kelihatannya asik banget. Lincah menyusuri jalanan di Taman Safari ini, tapi bisa dibawa hati-hati ketika binatang-binatang mendekati jendela mobil. Kayaknya lain waktu pingin juga nyobain naik mobil seperti Agya itu.

Selanjutnya, ini foto-foto yang lain dengan setting yang beragam.

Setting-an kamera sebenarnya disesuaikan dengan keadaan. Kalau di lain hari teman-teman ada yang pakai setting plek ketiplek sama seperti saya ternyata hasilnya berbeda, itu sangat bisa terjadi. Faktor pencahayaan sangat penting, begitu juga kondisi obyek yang akan kita ambil. Jadi ,mari kita terus berlatih mengenali kamera kita dan factor-factor lain yang mempengaruhi hasil foto.

 

IMG_9082  IMG_9112  IMG_9158 IMG_9193 IMG_9196 IMG_9202

Nantikan postingan saya berikutnya tentang Taman Safari Cisarua, Bogor bertema travelling dan review salah satu resto di area itu.

7 thoughts on “Hunting Obyek Foto Menarik di Taman Safari Indonesia

    • Kalau foto di posting-an ini sebagian besar nggak pake post processing. Foto berang-berang yang ditambahin brightness/contrast kalo ga salah. Thanks ya , Pit udah baca.

Leave a Reply

