Review – Aplikasi ‘Korean Restaurant Guide’

Annyeonghaseyo…IMG_20150202_093927

Ucapan selamat untuk Yayasan Makanan Korea (KFF) yang telah menerbitkan buku Korean Restaurant Guide : Indonesia dan Malaysia (Buku Panduan Restoran Korea : Indonesia dan Malaysia) Desember 2014 lalu.

Buku ini berisi penjelasan mengenai restoran-restoran Korea terbaik di Indonesia dan Malaysia.  Sebanyak 20 restoran di Indonesia dijelaskan secara detail sehingga bisa menjadi guideline bagi kita yang ingin mengunjungi dan mencoba masakan di tempat tersebut.  Untuk Indonesia, restoran yang terdapat dalam buku ini berada di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Kelapa Gading, Pantai Indah Kapuk dan Lippo Karawaci.

Jadi dalam buku ini kita akan menemukan penjelasan mengenai masakan-masakan Korea yang disediakan oleh restoran-restoran yang sekarang banyak bermunculan di Jakarta, mengikuti kepopuleran drama-drama Korea , K-Pop sampai kepoluleran Sang Jin yang pintar bikin cake itu.

Selain buku lengkap berbahasa Indonesia, Korea dan Inggris, buku ini dilengkapi dengan versi buku saku (pocketbook) yang merupakan ringkasan dari buku utama dengan ukuran lebih kecil sehingga mudah untuk dibawa. Dan buat yang tidak mau ribet bawa-bawa buku, buku saku sekalipun, juga sudah disediakan aplikasi untuk iOS dan Android dengan nama aplikasi “Korean Restaurant Guide”. Aplikasi tersebut dapat di-download di Play Store juga di website Korean Cultural Center (KCC) Indonesia di http://id.korean-culture.org

Pada saat kita memasukkan kata kunci ‘koreanrestaurantguide’ di Play Store, maka akan muncul pilihan aplikasi restoran-restoran di beberapa tempat di dunia. Jadi kalau kita ke Inggris dan pingin dapat referensi rumah makan Korea, kita bisa download aplikasi tersebut yang berbendera Inggris. Berhubung kita di Jakarta, jadi yang di-download adalah aplikasi yang berbendera Merah Putih.

Screenshot_2015-01-29-10-40-05

Proses instalasi aplikasi ini mudah saja. Setelah kita pilih aplikasi berbendera Indonesia dan Malaysia, maka gadget kita akan men-download aplikasi tersebut.

Screenshot_2015-01-29-11-01-03

Setelah selesai proses download dan instalasi, kita bisa tekan tombol Open., dan akan muncul Home dari aplikasi tersebut. Klik gambar Indonesia- Jakarta jika kita ingin melihat restoran Korea di Jakarta, atau klik gambar Malaysia – Kuala Lumpur jika kita ingin melihat restoran di Kuala Lumpur. Berhubung Saya tinggal di Jakarta, jadi saya klik gambar Jakarta.

Tombol bintang di sebelah kiri atas merupakan tombol untuk masuk ke layar bookmark. Di layar penjelasan mengenai restoran akan saya jelaskan bagaimana cara memberi tanda/bookmark. Semua yang kita bookmark akan terkumpul di layar tersebut.

Screenshot_2015-01-29-11-01-21

Sedangkan di sebelah kanan adalah tombol Style untuk melihat informasi jenis restoran baik di Jakarta maupun di Kuala Lumpur.

Screenshot_2015-02-02-21-00-20

Berikut mari kita review menu-menu selanjutnya :

  • Home – Indonesia

Pada layar ini kita akan menjumpai thumbnail informasi restoran-restoran apa saja yang ada di aplikasi ini. Pada ujung kanan atas terdapat tombol yang bila kita klik maka thumbnail foto-foto restoran akan berganti dengan informasi restoran yang di-sort berdasarkan jenis restoran, seperti kelompok restoran fine dining, family style, BBQ ataupun casual style. Kita bisa browsing satu persatu untuk mengetahui informasi mengenai restoran tersebut, alamat dan nomor telepon, menu utama apa saja yang dihidangkan, anggaran. biaya makan per orang dan peta lokasi.

Screenshot_2015-01-29-11-01-37

  • Layar Penjelasan Mengenai Masing-masing Restoran                                       

Selain informasi alamat dan peta, di layar ini ada informasi mengenai jumlah kursi, waktu kerja, dan satu informasi lagi yaitu kapan restoran itu tutup, seperti misalnya pada Hari Raya. Kita juga bisa mengatur besarnya font pada layar ini. Ada tiga pilihan font yang bisa kita pilih.

Dan karena yang menggunakan aplikasi ini di Jakarta bukan hanya orang Indonesia, maka ada tiga pilihan Bahasa untuk memudahkan penggunanya, yaitu Bahasa Lokal, Bahasa Korea dan Bahasa Inggris.

Screenshot_2015-02-02-17-58-56

Untuk menghubungi restoran tersebut melalui telpon, kita tinggal meng-klik nomor telpon yang ada di layar ini. Untuk mengetahui peta lokasi juga bisa dilakukan dengan meng-klik informasi alamat. Dan yang unik, kita bisa mengganti mata uang dari Rupiah ke mata uang lain pada bagian Harga . Hal ini tentu memudahkan turis untuk mengetahui harga makanan dengan mata uang mereka.

Screenshot_2015-02-02-19-10-19

Ada satu tombol di sebelah pojok kanan atas berbentuk bintang yang sangat fungsional. Tombol ini berfungsi untuk memberi bookmark. Kalau kita tertarik dengan salah satu restoran, kita bisa menandainya, dan dapat dilihat list dari bookmark kita di Main Menu. Hal ini tentu akan memudahkan kita mempersingkat pencarian.

Screenshot_2015-02-02-23-17-20

  • Menu Search

Selain menggunakan metoda browsing, kita bisa mencari informasi dengan menggunakan menu Search. Menu tersebut terdiri dari dua buah tab, yaitu tab Restaurant Name dan Main Menu. Kalau kita sudah tahu nama restoran yang akan kita tuju, maka menu ini bisa membantu, demikian juga jika kita ingin mencari sebuah menu masakan disediakan di restoran mana.

Screenshot_2015-01-29-11-15-41

Tadinya saya berharap menu Search ini seperti Google. Dia bisa mencari setiap kata yang ada di dalam aplikasi, tapi ternyata tidak, atau mungkin tepatnya, belum.

Sebagai customer , informasi yang ingin saya cari adalah :

  • Sort list / filter restoran berdasarkan halal certified
  • Sort restoran berdasarkan jarak terdekat dari lokasi kita berada, tentu saja dengan mengaktifkan GPS di gadget kita.
  • Search berdasarkan region, seperti misalkan kita ketik Kebayoran, maka akan muncul restoran di area Kebayoran.
  • Search berdasarkan menu description, jadi kita bisa mencari tiap kata yang terdapat di menu masing-masing makanan. Misalkan kita ketik udang, maka akan muncul menu masakan yang mengandung udang.

Aplikasi belum mengakomodasi kebutuhan tersebut.

  • Menu Map

Ketika kita meng-klik Map, akan muncul pin-pin yang menandakan lokasi masing-masing restoran. Kita bisa meng-klik pin, lalu akan muncul alamat restoran tersebut. Di sebelah kanan atas ada tombol yang jika di-klik akan menginformasikan lokasi kita berada. Dari situ kita bisa lihat restoran-restoran mana yang dalam jangkauan kita. Lokasi kita berada ditandai dengan lingkaran warna biru.

Screenshot_2015-02-02-19-14-19

Saya menjumpai kesalahan penempatan pin , yaitu Songgane Samgyetang yang seharusnya di daerah Kelapa Gading tapi diletakkan di Jalan Senopati.

Screenshot_2015-02-02-18-34-40

  • Menu Korean Menu

Nah, ini bagian serunya. Korean Menu diurut berdasarkan abjad sehingga memudahkan kita melakukan pencarian dengan cara browsing masing-masing menu.

Screenshot_2015-01-29-11-09-30

Setelah kita klik salah satu menu, akan muncul penjelasan mengenai menu tersebut dalam Bahasa Indonesia, Bahasa Malaysia, Bahasa Korea dan Bahasa Inggris. Penjelasannya begitu detail jadi kita tahu ingredient secara umum dari masing-masing menu. Sepertinya akan jadi lebih keren kalau ada resepnya, yaa …

Screenshot_2015-01-29-11-13-22

Sayangnya kita tidak bisa tahu harga masing-masing menu di tiap restoran. Yang ada di bayangan saya, jika kita memilih sebuah restoran, lalu kita klik menu, akan muncul informasi mengenai harga masing-masing menu. Hal tersebut tentu memudahkan kita untuk memilih kira-kira apa yang akan kita pesan sesuai dengan budget kita. Kalau range harga saja tidak bisa menjadi patokan.

  • Menu KFF

Yang terakhir adalah informasi tentang KFF atau Korea Food Foundation. KKF adalah organisasi professional yang mempromosikan makanan dan tradisi kuliner Korea ke mancanegara. Mereka melakukan penelitian terhadap makanan Korea, mengembangkan dan mendukung pemasaran makanan Korea. Web site mereka di www.koreanfood.net

Screenshot_2015-01-29-11-05-42

Beberapa aplikasi Korean Restaurant Guide untuk beberapa kota-kota besar dunia juga bisa dilihat pada menu ini, yang apabila kita klik akan mengarah ke Play Store.

Screenshot_2015-01-29-11-05-59

Secara umum, aplikasi ini bagus dan bermanfaat untuk mendapatkan informasi mengenai restoran Korea. Setidaknya, jika kita sudah duduk di restoran Korea, tidak terlalu lama kita memilih menu masakan  bila kita sudah pernah mendapat informasi tentang hal tersebut sebelumnya.

Beberapa catatan mengenai menu Search bisa dipertimbangkan untuk pengembangan lebih lanjut. Pengecekan kata-kata yang dipergunakan pada aplikasi juga harus dilakukan supaya tidak terlalu banyak typo yang mengurangi nilai dari aplikasi.

Selain aplikasi IOS dan android ini, yang perlu diperhatikan oleh Korean Food Foundation adalah sebagian besar penduduk Indonesia dan Malaysia  Muslim yang pastinya mencari masakan yang bersertifikasi halal. Korean Food Foundation dapat memulai menyediakan restoran-restoran Korea yang bersertifikat halal. Dengan melakukan penelitian dan pengembangan tentunya Korean Food Foundation dapat menyajikan makanan halal yang bercita rasa sama dengan masakan asli tradisional Korea.

Sertifikasi halal juga sudah mulai dilakukan oleh restoran Jepang di Indonesia dan di Jepang. Seperti dengan adanya Nippon Halal sangat membantu traveler Indonesia yang mencari makanan halal di Jepang. Semoga demikian juga dengan makanan-makanan Korea.

Tulisan ini dibuat untuk menyemarakkan I Love Korean Food Challenge  yang diadakan oleh Indonesian Food Blogger , http://indonesianfoodblogger.com/post/page/2911/i_love_korean_food_challenge.html

logoblog1memberM_zpscb778723

Advertisements

8 thoughts on “Review – Aplikasi ‘Korean Restaurant Guide’

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s