Sambal ala Bu Rudy

Late post.

Tahun ini ditutup dengan melejitnya harga cabe rawit di nominal yang gila-gilaan. Harga satu kilogram cabe rawit sama dengan harga tiga ekor ayam !

Tapi bukan berarti kita nggak makan sambel dong, ya. Makanan Indonesia tanpa sambal apalah rasanya. Baiknya sih kalau ketergantungan kita sama cabai itu besar sekali, sebaiknya kita tanam cabai di rumah. Jadi kalau butuh nyambel tinggal metik dari kebun, nggak perlu ikutan pusing sama harga yang gak jelas ini.

Menanam cabai juga nggak susah. Kita tinggal tebar biji cabai, tau-tau akan muncul bibit cabai. Rawat asal lewat aja lama-lama dia akan berbuah. Pohon cabai kalau berbuah buahnya banyak sekali. Senang deh lihatnya. Ini foto buah cabai dari kebun samping rumah saya.

Resep kali ini adalah resep sambal ala Bu Rudy. Yang belum tahu, sambal Bu Rudy ini adalah oleh-oleh khas Surabaya yang rasanya nendang banget. Saya tambahkan daun jeruk supaya ada aroma wangi jeruk.

Ini resepnya.

Bahan :

250 gram cabai rawit besar

250 gram bawang merah

2 bonggol bawang putih

200cc Minyak goreng

Garam

Gula pasir

Daun jeruk

Cara membuat :

  1. Bersihkan cabai rawit, bawang merah dan bawang putih
  2. Panaskan minyak goreng masukkan cabai rawit, bawang merah dan bawang putih
  3. Angkat setelah layu, matikan kompor
  4. Blender ketiga bahan tersebut, tidak perlu terlalu halus
  5. Panaskan kembali minyak goreng, lalu masukkan bahan yang sudah diblender
  6. Masukkan daun jeruk, beri garam dan gula pasir secukupnya
  7. Kecilkan api kompor, masak terus bahan sampai minyak berwarna kemerahan

Advertisements

3 thoughts on “Sambal ala Bu Rudy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s