Brownies Lagi – TRIPLE CHOCO BROWNIES SUNGAI CHOCOLATOZZZ…

 

 

Sebenarnya brownies andalan saya tetep , yaa … brownies resep dari Laura Vitale . Legit deh … apalagi kalo ngangkat loyangnya pass banget. Nggak kelamaan gak kecepetan. Tapi yang sekarang ini judulnya ikut-ikutan bikin brownies. Ada yang posting resep di group, langsung deh jadi hits, ini nama browniesnya : TRIPLE CHOCO BROWNIES SUNGAI CHOCOLATOZZZ… ala Ummu Allegra tuuhh…langsung copy-paste dari file di grup NCC.

Yang bikin brownies ini ‘happening’ karena ada ‘aliran sungai cokelat di tengah-tengahnya’…. Hhhmmmm penasaran mau coba ?

Resepnya nggak saya tambah kurangi dari resep asli yang dituli sama Ummu Allegra sbb. ya …

TRIPLE CHOCO BROWNIES SUNGAI CHOCOLATOZZZ… 

Bahan dan alat:

6-7 butir telur ayam

400 gram gula pasir

250 gram gula palem (kalau ga ada bisa pakai gula merah yang dicincang kecil)

225 ml minyak goreng

1-2 st vanili bubuk atau vanili pasta

150-200 gram coklat blok yang dark, potong dadu kecil, tim hingga leleh Sesukanya : Choco chip untuk campuran dalam brownies dan untuk taburan. Boleh ditambahkan bahan lain untuk topping, seperti almond atau kenari. Choco chipnya lebih bagus pakai merk tulip atau colatta, namun kalau di pasar biasa agak susah cari choco chip kedua merk ini, jadi saya pakai yg biasa, merk l’agie.

 400 gram terigu protein sedang (saya pakai segitiga biru),

ayak dengan :

1 st baking powder

1 1/2 st soda kue

50 gram cocoa (coklat bubuk),

saya sarankan pakai merk tulip jenis bordeaux, atau BT cocoa yang dark, atau coklat bubuk elmer yang dark. Kenapa ga saya saranin van houten? Karena jatuhnya mihillll, ibook2 sekaliyan hehehe…padahal kualitasnya menurut saya lebih bagus coklat bubuk yang tadi saya sebutkan. Tapi kalo kefefet ya boleh laah pake van houten juga gapapa…krn di supermarket gampang dapetnya yaa… 

3 buah loyang brownies ukuran 10×30 cm, olesi minyak/mentega, alasi dengan kertas roti sampai ke sisi panjangnya (lihat di foto brownies saya), lalu oles lagi dengan minyak/mentega. Kalau saya biar praktis biasanya langsung pakai kertas HVS ukuran A4 , praktis ga usah motong2 hehe…

How to :

1. Panaskan oven suhu 190°C. Kocok telur, gula pasir, gula palem, vanili, dengan mikser kecepatan paling rendah, cukup 2-3 menit saja, hanya sampai gula cukup larut saja. Saat dikocok, mikser harus digerakkan bolak balik, jangan searah…kita gag ingin brownies kita jadi cake yang mengembang kan… 

2. Masukkan campuran terigu-cocoa-baking powder-soda kue sambil dimikser bolak balik juga. Masukkan minyak, aduk rata. Ingat, mikser harus selalu bolak-balik dan jangan searah kayak bikin cake ya… Sebenarnya bikin pakai sendok kayu juga bisa kalau malas keluarkan mikser  . Masukkan choco chip sesukanya…makin banyak makin sippp hehee…

3. Terakhir, masukkan coklat blok yang sudah dilelehkan. Sisakan sekitar 3-5 sendok makan untuk bikin sungai coklat yaaa… 

4. Bagi 3 adonan, tuang ke dalam 3 buah loyang yang telah kita siapkan. Beri aliran2 coklat dari coklat leleh yang sudah kita sisihkan lagi, buat gurat2 dengan spatula atau sendok. Taburkan choco chip dengan semena-mena heheheee…. Kalau mau ditambah taburan almond atau kenari pada bagian2 tepinya juga bisa, hanya aja bagian tengahnya tetap difokuskan untuk sungai coklatnya… 

5. Panggang dengan tips yang saya udah share di atas. Jadi saat bagian atas brownies sudah terasa keras namun kalau ditekan masih terasa agak empuk, itu biasanya brownies sudah set. Karena kita ingin brownies yang atasnya crust tapi tengahnya chewy. Kalau ingin yg lebih kering siy bisa ditambah lagi waktu panggangnya.

Tips memanggang :

 panaskan oven suhu 190°C selama kurang lebih 15-20 menit (jadi ketika kita mulai mau mengocok adonan, kita nyalakan dulu ovennya suhu 190°C , kalau yg pakai otang alias oven tangkring, apinya hampir besar, jangan yg paling besar, jadi api sedang tapi digedein dikit).

–  Masukkan loyang pada rak paling atas, panggang selama 25 menit. Lalu turunkan suhu ke 150°C (kalau otang api sedang agak kecil) . Keluarkan brownies, tukar posisinya ke rak bagian tengah. Panggang kurang lebih selama 20-25 menit. Jangan ditambah waktu terlalu lama ya, walau brownies terasa masih menul2 empuk, karena nanti kalau terlalu kering brownies malah bisa jadi keras… Nanti brownies akan mengeras sendiri ketika mendingin, karena kandungan coklat dan gula yang banyak.

 

 

 

Menurut resep, adonan bisa jadi 3 loyang brownies. Berhubung saya cuma punya dua loyang, jadi adonan saya bagi dua aja. Hasilnya memang jadi mumbul. Kedua loyang saya kasih topping chocolate chip yang cukup royal, dan loyang yang satu saya tambahkan pistachio, royal juga ngasihnya.

Catatan dari saya :

Dengan takaran gula yang begitu banyak, kayaknya bakalan nggak ada yang makan di rumah saya. Kemanisan ! Jadi takaran gula saya kurangi. Gula pasir jadi 300 gram, dan gula palem jadi sekitar 150 gram. Hasilnya ?? … masih kemanisan…hehe …mungkin karena yang makan manis , yaa.. ehheemmm … J

Kemungkinan dengan takaran gula yang saya kurangi dengan jumlah yang cukup signifikan untuk resep ini, brownies yang dihasilkan tidak terlalu ‘pliket’ atau lengket bagian tengahnya, atau yang biasa dibilang orang ‘chewy’ J

Ada yang satu saya agak bingung dengan penggunaan soda kue di resep ini karena dari beberapa resep brownies baru kali ini mencantumkan soda kue. Mungkin karena ingin brownies-nya lebih mengembang, karena memang fungsi dari baking soda/soda kue adalah membuat kue menjadi mengembang. Tapi biasanya baking soda akan meninggalkan jejak pahit jika bahan yang digunakan tidak ada asamnya (spt buah2an, yogurt dsb.) begitu tuh yang saya baca selama ini. Tapi oke,lah saya ikuti resepnya, tapi dengan mengurangi takaran baking soda.

 

Saking royalnya ngasih topping, sampai bleber-bleber keberatan topping J

 

 

 

Pilih yang mana ?

 

 

Pistachio dan cokelat… cocok banget. Yang satu sedikit gurih renyah, bercampur dengan cokelat yang manis lezat.

 

 

Satu nggak akan cukup ….. Silakan coba, yaa …

 

4 thoughts on “Brownies Lagi – TRIPLE CHOCO BROWNIES SUNGAI CHOCOLATOZZZ…

  1. aq udah eksekusi juga mbak. skip BP dan BS nya. pakenya ketan hitam pulak. udah melenceeeeng jauh dr resep kayaknya. btw pistachio nya bikin ngileeeer mbak. cakep!

Leave a Reply

