Donat Kentang NCC , Lagi .. :)

Donat kentang ini, mungkin sudah ada lima ribu tujuh ratus tiga sekian blog menggunakan resep donat kentang yang sama. Apakah masih perlu ditulis di sini ?

Ok, ini resepnya :

DONAT KENTANGsource : NCCBahan :

500 gr tepung terigu protein tinggi

50 gr susu bubuk

11 gr ragi instan

200 gr kentang kukus —> haluskan dan dinginkan

100 gr gula kastor

75 gr mentega

1/4 sdt garam

4 kuning telur

100 ml air dingin

Cara Membuat :

– Campurkan tepung terigu, susu bubuk, gula halus dan ragi. Aduk hingga rata.

– Tambahkan kentang halus, masukkan kuning telur dan tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga rata dan setengah kalis.

– Tambahkan garam dan mentega, terus uleni hingga kalis dan elastis. Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit, tutupi dengan serbet lembab agar adonan tidak kering.

– Kempiskan adonan, bagi dan bentuk bulat (aku bagi menjadi berat 50 gr dan dicetak menggunakan cetakan donat). Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit.

– Goreng donat dengan api sedang cenderung kecil hingga kecoklatan.

– Angkat dan tiriskan. Setelah dingin bisa diberi topping sesuai selera.

Tips and trick pernah saya tulis di sini https://kokifrustasi.wordpress.com/2009/03/06/donat-kentang/

 

Exif: f/3.5, 1/50sec, Iso400, fl 50mm

 

Proses yang paling bikin tenaga keluar banyak pastinya ketika kita menguleni adonan. Dengan resep yang sama kadang-kadang proses menguleni adonan bisa berbeda. Jadi kalau pas telurnya besar-besar sehingga porsi cairan jadi lebih banyak, hal tsb. menyebabkan adonan jadi lebih lengket. Padahal syarat berhenti menguleni adalah ketika adonan tidak lengket di tangan.

Kalau sudah satu jam menguleni tapi masih lengket, coba tambahkan terigu sedikit-sedikit dan uleni terus sampai tidak lengket di tangan.

Saya buat donatnya tadi malam pulang kantor.

 

Foto-foto pagi jam 8 dengan posisi ‘studio’ seperti ini

 

 

 

Exif: f/3.5, 1/50sec, Iso400, fl 50mm

 

 

 

 

 

Advertisements

6 thoughts on “Donat Kentang NCC , Lagi .. :)

    • terima kasih Mbak Okti.
      Emang sengaja posting ‘studio abal-abal’ itu, kali aja ada yg ikutin πŸ™‚

  1. Pingback: Country-Style Donut a.k.a Donat Kampung | When Time to Cook Comes

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s