Dulce de Leche Brownie

Kalau meminta maaf harus dilakukan karena saya keseringan mem-posting brownies, maka saya rela untuk minta maaf. Sebenarnya sih nggak gitu banyak posting soal brownies atau cake cokelat lainnya. Tapi memang brownies adalah cake yang paling sering saya buat karena tidak terlalu susah cara pembuatannya, kecil resiko salah, sedikit menggunakan peralatan jadi nggak terlalu cape bersih-bersihnya.

Review brownies dan cake cokelat yang pernah saya tulis, nih yaa :

Flourless Chocolate Cake Ini cake cokelat yang nggak pakai tepung terigu, sesuai dengan namanya. Saya lihat resepnya di website The Prepared Pantry.

Rasanya enak, enak banget, apalagi kalau di atasnya dikasih es cream vanilla … hmmm….

Chocolatae Lover Brownie

Ini cake colekat pliket dengan 6 telur. Yap ! gimanapun juga rasanya benar-benar enak nyoklat pliket ket ket ket …. !

Fudgy Brownies Cake cokelat ini resep dari Laura Vitale. Resepnya mirip sama yang saya buat sekarang, yang saya ambil dari site David Lebovitz.

Yah.. ternyata yang diposting cuman 3 …hihi…

Resep brownies yang beredar di internet pastinya macam-macam. Kadang-kadang mirip satu sama lain, kadang beda banget bahan dan cara kerjanya. Sejauh ini saya cuma bisa nyontek dan ngikutin buatnya sesuai dengan cara pembuatan di resep. Nggak pernah sok tau bikin resep sendiri … aihhh emang siapa gue … he he …. Dan jangan salah yaa , kalau kita coba resep orang lain belum tentu cocok dengan kita jadi kalau kebetulan dapat resep enak rasanya saya merasa agak berdosa kalau tidak sharing di blog. Dan saya pastikan apa yang ditulis di blog ini saya sudah pernah mencobanya.

Kebetulan saya punya dulce de leche yang saya buat minggu lalu. Dulce de leche adalah caramel pasta yang dibuat dari susu kental manis yang dipanaskan minimal 2 jam. Kalau ada waktu segera akan saya tulis soal dulce de leche sesuai dengan tahapan yang saya buat. Ketika saya cari resep brownies dengan tambahan dulce de leche, ternyata banyaaak sekali yang sudah posting.

Dulce de leche

Nah, resep yang saya coba ini saya ambil dari site David Lebovit. Resep aslinya bisa dilihat di sini.Salah satu alasan saya pakai resep ini karena menggunakan peralatan yang gak banyak. Saya hanya memerlukan :

  • Satu buah timbangan
  • Satu buah spatula
  • Satu buah wadah kecil untuk menimbang bahan
  • Satu buah bowl kaca untuk mencampur adonan
  • Satu buah ayakan
  • Satu buah Loyang brownies yang dioles lemak lalu diberi baking paper. Baking paper-nya kemudian saya oles lemak lagi.

Cuma berhubung untuk mempermudah cara kerja saya, resep ini saya tulis ulang dengan bahasa saya sendiri.

Caranya begini :

  • Ambil timbangan.
  • Ambil bowl kaca, masukkan butter salted/unsalted/margarine, terserah adanya apa sebanyak 115 gram.
  • Bowl kaca yang sudah ada butternya dicampur dengan dark chocolate yang dipotong kecil-kecil sebanyak 170 gram.
  • Masukkan bowl kaca ke microwave sampai cair. Kalau microwave saya sekitar 30 – 40 sec.
  • Dark chocolate belum meleleh banget, keluarkan dari microwave, lalu aduk menggunakan spatula sampai meleleh dan tercampur rata.
  • Ambil wadah kecil lalu timbang cokelat bubuk sebanyak 25 gram.
  • Ayak cokelat bubuk ke dalam bowl kaca, lalu ratakan dengan menggunakan spatula.
  • Masukkan 3 butir telur, satu persatu ke dalam bowl kaca. Jadi, setelah masukkan 1 telur, lalu aduk rata. Setelah itu masukkan telur berikutnya.
  • Setelah langkah ini saya segera menyalakan oven, panasnya diatur di suhu 180 derajat celcius.
  • Masukkan vanilla extract 1 sendok teh.
  • Timbang gula sebanyak 150 gram di wadah kecil bekas menimbang cokelat. Lalu masukkan ke bowl kaca. Kalau di resep asli menggunakan 200 gram gula, buat saya sangat amat kemanisan.
  • Timbang tepung terigu sebanyak 140 gram di wadah bekas menimbang gula. Ayak terigu ke dalam bowl kaca, lalu ratakan dengan menggunakan spatula.
  • Ambil loyang brownies yang sudah diberi alas baking paper.
  • Masukkan setengah adonan brownies ke loyang.
  • Beri dulce de leche sebanyak 1/3 cup , lalu dibentuk menggunakan pisau.
  • Masukkan sisa adonan brownies di atasnya.
  • Lalu beri dulce de leche sebanyak 2/3 cup di atas adonan.
  • Masukkan oven yang sudah panas selama kurang lebih 35 menit sampai 45 menit.

Selama menunggu, cuci deh tu perlengkapan yang tadi dipakai. Nggak banyak, kan ?

Dari beberapa kali membuat brownies, permasalahan kenapa brownies jadi nggak enak bisa jadi karena terlalu lama memanggang. Biasanya untuk mengetes apakah cake sudah matang atau belum kita menggunakan pisau. Kalau setelah ditusukkan ke cake masih ada adonan yang menempel, berarti cake belum matang. Sepertinya ini tidak berlaku di brownies. Jadi kalau misalkan setelah waktu yang ditentukan lewat, kulit bagian atas sudah matang, dan masih ada yang menempel sedikit di pisau, itu artinya loyang sudah bisa diangkat. Kalau kita tunggu sampai pisau keluar dalam keadaan bersih, artinya brownies sudah sangat kematangan nyaris gosong dan kering. Tapiii …. Kalau adonan yang menempel masih banyaak dan cair, yaa berarti belum matang, tuh.

Setelah mengeluarkan loyang, angin-anginkan terlebih dahulu sampai dingin. Keluarkan dari loyang. Bisa langsung dipotong, atau setelah dingin dibungkus dengan cling wrap lalu masukkan ke dalam kulkas. Brownies yang menginap di kulkas lalu besoknya dipotong dan sebentar dimasukkan ke microwave rasanya akan lebih enak.

Dulce de leche brownies ini manisnya pas, karena memang saya sudah kurangi gula sampai 25%. Sensasi caramelnya begitu terasa apalagi kalau ‘kebagian’ bagian yang ada dulce de leche-nya.

Tadi malam saya buat brownies ini lagi, lalu saya tambahkan 2 sachet kopi Nescafe classic. Rasanya ternyata tambah enaak …. J

2 thoughts on “Dulce de Leche Brownie

Leave a Reply

