Chocolate Chip Muffin

Ini soal kebiasaan aja sebenarnya. Saya biasa nggak kasih uang ke anak-anak buat jajan di sekolah. Biasanya saya buatkan makan pagi dan bekal buat snack time jam 10. Untuk makan siang mereka pakai catering yang sudah disediakan di sekolah. Kebiasaan ini berjalan sejak Fachry sekolah dari TK dan berlanjut sampai sekarang dia SMP. Afif sebagai adik, ya ngikutin kakaknya.

Kadang-kadang Fachry saya beri uang jajan. Sekali-kali biarlah dia bersosialisasi dengan ibu-ibu penjaga warung makanan atau minuman dekat sekolah. Buat saya, nggak apa-apa Fachry sekali-kali jajan sama teman-temannya. Karena kadang-kadang, ya jajan di warung nggak jadi kebiasaan buat Fachry. Dia sekolah nggak bawa uang juga bukan masalah buat dia. Toh sudah dibawakan bekal sama ibu, jadi lapar bukan alasan buat jajan. Cuma buat sosialisasi aja ..:)

Sarapan itu harus. Menu sarapan bisa macam-macam. Yang paling sering nasi goreng, sereal, pasta dan roti lapis. Yang gampang dan cepat diolah lah pagi-pagi.

Kalau muffin ? Nah ini juga cepat. Nggak perlu ngeluarin mixer, cukup aduk-aduk saja, dan kalau ikutin langkah-langkah pengerjaan yang tertulis di resep, Insya Allah berhasil.

Chocolate Chip Muffin ini tentu saja mudah pengerjaannya.

Untuk simpelnya, begini cara saya :

  1. Panaskan oven 190 derajat Celcius.
  2. Timbang tepung terigu sebanyak 250 gram, pada mangkuk yang sama tambahkan 30 gram bubuk cokelat, ¼ soda kue, ½ baking powder (saya pakai BPDA, Baking Powder Double Acting), ¼ garam. Lalu aduk rata dan ayak ke baskom yang lebih besar.
  3. Lelehkan 110 gram margarine. Biasanya saya masukkan ke microwave selama 20 detik, atau lamanya tergantung microwave masing-masing.
  4. Campurkan margarine leleh, susu cokelat cair sebanyak 170 cc, 2 butir telur, vanilla, 100 gram gula pasir lalu aduk rata.
  5. Tuang sedikit-sedikit campuran cair ke campuran kering (terigu), lalu aduk-aduk hingga rata.
  6. Tambahkan 200 gram chocolate chip (kurang juga nggak apa-apa) ke dalam adonan.
  7. Masukkan ke cetakan muffin sebanyak ¾ tinggi cetakan/
  8. Panggang selama 30 menit.

Hmm… agak susah inventarisasi kebutuhan bahan dari tulisan di atas ? Ok, ini bahan yang dibutuhkan :

  • Terigu 250 gram
  • Cokelat bubuk 30 gram
  • Soda kue ¼ sdt
  • Baking powder (DA) ½ sdt
  • Garam ¼ sdt
  • Margarine 100 gram
  • Susu cokelat cair 170 cc
  • Telur 2 butir
  • GUla pasir 100 gram
  • 200 gram cokelat chip

Resepnya saya lihat dari blog Mbak Yulyan Parwati.

Kalau kita pakai cetakan muffin seperti gambar di atas, satu atau dua cetakan tidak perlu diberi adonan tapi diisi dengan air.

Pagi-pagi kami makan muffin hangat.

Di ambil di atas jembatan kolam ikan.

Ha.. ternyata ketemu sarang laba-laba yang nggak ada laba-labanya. Ada serangga yang terperangkap.

Bunga-bunga cabe hijau dengan background cucian warna pink J

Kamboja Jepang yang mulai ‘bertanduk’. Ini pelindung calon benih kamboja yang pada saatnya akan pecah . Benihnya akan terbang ke mana-mana dan kalau sukses akan menjadi pohon kamboja baru.

Bagaimana sarapan di rumah anda ?

4 thoughts on “Chocolate Chip Muffin

  1. waaah…udah lama gabung di IDFB, baru kali ini saya berkunjung kesini. hehe, maaf, mbak… (efek perbedaan blogspot n wordpress :D). Suka deh cara mbak nulisin resepnya. Kapan2 insyaAllah saya cobain resepnya ya, mbak…
    oia, klo mbak punya waktu, silahkan main2 ke blog saya http://lokerklasiik.blogspot.com . blog saya bukan blog koki frustasi, tapi blog koki pemula yg lagi galau. ahahaha… 🙂

    • Thanks, Mbak. Saya juga baru-baru ini ikutan IDFB. Ini juga dapat resep dari surfing sana sini. Saya sudah lihat Mbak blognya, pas posting tiramisu. Nyam nyam banget yaa 🙂

Leave a Reply

