Ombre Cake

IMG_2840

Rasanya saya akan kelihatan sok tau dikit (dikit lho tapi), kalau sampai menerangkan ombre cake itu apa. Menurut bahasa saya, Ombre Cake ini masih serumpun dengan Rainbow Cake ditilik dari resep yang dipakai, banyaknya loyang yang harus dicuci, frosting terserah model apa. Bedanya dipenggunaan warna aja. Ombre cake menghasilkan cake dengan warna bergradasi. Terserah mau gradasinya warna apa.

Kali ini saya buat pakai resep Martha Stewart yang pakai putih telur saja. Sebelumnya pernah coba buat rainbow cake pakai resep sponge cake dan steam cake.

Paling gampang buat rainbow steam cake. Saya pakai resep brownies kukus NCC yang dibagi 5 adonan dengan warna berbeda.

Untuk resep Martha Stewart ini pengerjaannya juga tidak terlalu susah.  Kalau kita nggak punya oven besar dan nggak punya loyang sebanyak 6 buah, yang artinya kita nggak bisa buat cake dalam waktu yang bersamaan, resep Martha Stewart  bisa jadi pilihan. Ini dikarenakan adonan masih bisa nunggu selama adonan yang pertama dimasak. Hasilnya tidak bantat. Malah ini saya pakai putih telur beku sisa buat kukis lebaran, tapi sebelum dikocok harus dicairkan pada suhu ruang.

Resep sponge cake menurut saya yang newbie ini agak susah. Harus memperhatikan kocokan adonan dan tidak bisa ngantri. Cake yang dibakar pertama hasilnya oke banget, tapi adonan yang ngantri selanjutnya hasilnya agak  untung-untungan, kebanyakan buntung karena jadi bantat. Sepertinya kalau mau pakai resep sponge cake ngocok adonannya harus dua kali untuk menghidari resiko bantat. Tapi, kalau punya oven geude dan 6 buah loyang, itu semua gak jadi masalah.

IMG_2831

Ini resepnya :

380gr terigu

4 sdt baking powder

1/2 sdt garam

225 gr mentega

150 ml putih telor

350gr gula <— saya nggak pakai sebanyak ini, saya cuma pakai 175 gr itu juga udah manis

325 ml susu cair

2 sdt vanili cair

pewarna makanan merek ‘Wilton

Untuk frosting saya pakai whipcream dan cream cheese.

kocok cream cheese + 100 gr gula halus

kocok whipcream 1 pack dengan 400 ml air es

campur kocokan cream cheese dan whipcream, kocok sampai rata

 

Cara membuat :

1. mixer gula dan mentega sampai berubah warna

2. masukan putih telor dan sudah di kocok deng whisk. mixer lagi selama 5 menit

3. masukan vanili cair

4. masukan terigu bergantian dengan susu cair

5. bagi menjadi 6 dengan ukuran masing-masing 200 gr. masing-masing diberi warna bergradasi

6. gunakan loyang bulat diameter 20 yg sudah diolesi dengan mentega dan dialasi kertas roti

7.panggang dengan suhu 180 derajat selama 20 menit

8. dinginkan

9. Atur cake sesuai dengan warnanya dan diberi frosting.

Setelah saya posting foto ombre cake saya yang simpel ini, ada beberapa comment soal ‘kengerian’ makan cake berwarna-warni begini.  Mudah-mudahan sih cake saya ini nggak apa-apa ya .. karena saya juga pakai bahan food grade. Mudah-mudahan yang di luaran sana kalau bikin cake juga pakai pewarna yang aman dan batas penggunaan yang aman.

Meskipun saya lebih suka makanan tanpa pewarna,  tapi dengan banyaknya warna warni bukannya membuat kehidupan kita jadi lebih meriah ?

IMG_2815 ombre

Advertisements

2 thoughts on “Ombre Cake

  1. Wah… Kliatannya enak. gula yg dipake untuk cake, gula pasir atau gula halus ya mba? Trus menteganya pk yg biasa atau yg non salt?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s