Body Serasa Kulkas 2 Pintu ? Diet Yuk …

Sebenarnya saya nggak ngerasa kalau melar-melar banget nih body ..*wakk…pede*. Berhubung memang di rumah nggak ada cermin yang bisa dipakai dari ujung rambut sampai ujung kaki, jadi pede-pede aja, biar celana kok makin lama makin kecil jadi rada-rada sesek gitu di pinggang. Atau baju-baju kenapa pada menciut, apa gara-gara nyuci pakai sabun yang salah ? Gitulah kalau nggak ada cermin. Biarpun buruk rupa, tetep aja nggak ada cermin yang bisa dibelah.Sampai tiba pada suatu ketika saya ketemuan dengan dua orang sobat lama.

Gini yah, saya ceritain kalau jaman dulu kala berat saya nggak pernah nyampe seberat sekarung beras yang 50 kilograman. Bikin rok cukup dengan 1/2 meter kain. Baju lengan panjang cukup dengan kain 1 1/2 meter. Irit, lah. Makan sebanyak apapun berat nggak nambah-nambah. Kalau lebaran saya bisa ngabisin kue kering yang full fat dengan harapan cepat besar. Tetep aja nggak ada perubahan. Jadi saya selalu yang paling kecil, nggak di sekolah nggak di kantor.

Nah, kemarin pas ketemuan sama beberapa sahabat lama …lhoo…lhooo… lhoooo …kokkk saya sekarang yang paling besar yaaa ? melebar ke kiri dan ke kanan dengan bebasnya ?? Meskipun sisi positifnya, akhirnya bisa besar juga gue.

Yaa sebenernya saya nggak terlalu masukin ati, kok kalo overweight gini…hikss .. sejauh masih ada baju yang bisa dipake ..hiyaahh alasan banget.

Menilik penampakan masing-masing yang sudah berubah begini, jatuh-jatuhnya kita ngobrolin diet ini diet itu.  Salah seorang rekan saya kemudian kasih jadual menu diet yang gak pake garam sama sekali selama 13 hari. Ini kalo dijalanin bisa turun 7-6 kilo, katanya.

Iseng-iseng berhadiah, saya cobain menu diet ini. Abis keliatannya enak sih.

Tiap pagi setelah selesai siapin menu makan siang dan makan malam yang akan saya bawa ke kantor, saya foto-fotoin dulu. Kali-kali ada yang minat diet setelah liat foto saya ini.

Alhamdulilah dengan diet super ketat ini saya turun 6 kg. Diet ini nggak bikin lemas karena makan dengan porsi yang lumayan banyak. Cuma masalah rasa garam yang gak ada yang buat kita jadi frustasi. Tapi cuma 13 hari … hayo kamu bisa … Salah satu hal yang buat diet ini berhasil di saya adalah karena tiap pagi saya musti grabak grubuk siapin untuk makan siang dan makan malam sekaligus, selain mempersiapkan makan pagi dan bekal buat anak-anak, jadi cepet kurusnya tuh.

Ada beberapa catatan untuk kegiatan diet ini, terutama buat yang ngantor seperti saya :

1. Bawa 1 kg  telur ke kantor, taro di kulkas. Pas jadual yang pakai telur , saya masak pakai microwave kantor. Cara masaknya : isi mangkuk dengan air, pecahkan dan masukkan telur, robek sedikit kuning telur supaya tidak meleduk kepanasan, masak 1,5 – 2 menit.

2. Untuk jadual yang ada sayurannya, biasanya sayuran (bayam/kangkung) sudah saya bersihkan dan cuci di rumah. Bawa mentah aja, nanti di kantor direbus pakai microwave.

3. Buah-buahan yang untuk makan siang/malam order ke officeboy kantor, biar dia yang beliin.

4. Saya nggak nemu susu non-fat, jadi diganti sama susu kotak low fat.

5. Ikan yang paling enak itu gindara bakar dan tenggiri . Nggak perlu bumbu udah yummyehh. Beli ikan yang sudah di –fillet.

6. Kalau diet lagi saya akan hindari salmon karena bikin enek Sad smile

7. Ayam kukus keliatannya enak pas pertamanya, tapi kalau sudah pada tingkat frustasi karena nggak ketemu garam, olesin aja ayamnya ama saus barbekyu dikiiiitt …. (nyolong nyolong niiih … huhuhu). Oya, saya kukus ayam dengan irisan bawang putih , biar ada aromanya.

8. Saya makan daging sapi bakar dengan cara dibungkus pakai slada, sekali mangap dua menu masuk mulut. Beli daging sapi fillet biar cepat empuk & cepat masaknya.

9. Makanlah dengan hati riang gembira supaya lupa kalau yang dimakan nggak ada rasanya sama sekali.

10. Saya bawa lada dari rumah. Jadi, ayam rebus, kentang, dan yang lainnya saya taburi lada.

Semoga bermanfaat, yaa …

 

Ini jadual dietnya :

=========================================

Hari Pertama :

Pagi: 1 cangkir kopi tubruk/teh +1 sdm gula pasir

Siang: 2 telur rebus + 1 ikat bayam + 1 tomat + 2 kentang rebus

Malam: 150gr daging sapi goreng/ikan bakar + selada diperasi jeruk lemon

IMG_3776

===============================================================

Hari kedua :

Pagi: 1 cangkir kopi tubruk/teh + 1 sdm gula pasir

Siang: 150gr daging sapi/ikan bakar + selada + 1 buah segar + 2 kentang rebus

Malam: 250gr ayam kukus + 1 pisang

IMG_3818-teh

 

IMG_3789-horz

IMG_3794-ikan ayam

================================================================

Hari ke-3

Pagi: 1 cangkir kopi tubruk/teh + 1 sdm gula pasir

Siang: 2 telur rebus + 1 tomat + 1 buah segar + 1 ikat bayam/kangkung + 2 kentang rebus

Malam: 250gr ayam kukus + selada diperasi jeruk lemon + 1 pisang

IMG_3805-telur

IMG_3809-ayam

================================================================

Hari ke-4

Pagi: 1 cangkir kopi tubruk/teh + 1 sdm gula pasir + 1 iris roti tawar

Siang: 1 telur rebus + 1 wortel (rebus sebentar) + 1 lembar keju + 1 buah segar

Malam: 1 mangkok penuh pepaya diperasi jeruk lemon + 1 gelas susu non-fat

IMG_3839-roti

IMG_3832-keju

IMG_3845-telurkeju

=========================================================

Hari ke-5

Pagi: 1 wortel besar diparut kasar diperasi jerak lemon + 1 cangkir kopi/teh manis

Siang: 250gr ayam kukus dgn sedikit saos dan mentega tidak asin + 2 kentang rebus

Malam: 150gr daging sapi/ikan bakar + selada diperasi jeruk lemon + 1 ikat bayam

IMG_3860 wortelIMG_3875-daging

 

IMG_3869-ayam

===============================================================

Hari ke-6

Pagi: 1 cangkir kopi tubruk/teh tanpa gula + 1 iris roti bakar

Siang: 250gr ayam kukus + selada diperasi jeruk lemon + 2 kentang rebus + 1 buah segar

Malam: 2 telur rebus + 1 wortel besar diparut kasar diperasi jeruk lemon

IMG_3882-roti

IMG_3884-seladaIMG_3999-wortel

=============================================================

Hari ke-7

Pagi: 1 cangkir kopi tubruk/teh + 1 sdm gula pasir

Siang: 150gr daging sapi goreng/ikan bakar + 1 buah segar + 2 kentang rebus

Malam: 2 pisang + 2 telur rebus

IMG_3893-salmon

=========================================================

Hari ke-8

Pagi: 1 cangkir kopi tubruk/teh + 1 sdm gula pasir

Siang: 2 telur rebus + 1 ikat bayam + 2 kentang rebus

Malam: 150gr daging sapi/ikan bakar + selada diperasi jeruk lemon

IMG_3935-daging

==========================================================

Hari ke-9

Pagi: 1 cangkir kopi tubruk/teh + 1 sdm gula pasir

Siang: 150gr daging sapi goreng/ikan bakar + selada + 1 buah segar + 2 kentang rebus

Malam: 250gr ayam kukus + 1 pisang

 

IMG_3943-ikan

===================================================

Hari ke-10

Pagi: 1 cangkir kopi tubruk/teh + 1 sdm gula pasir

Siang: 2 telur rebus + 1 tomat + 1 buah segar + 1 ikat bayam/kangkung + 2 kentang rebus

Malam: 250gr ayam kukus + selada diperasi jeruk lemon + 1 pisang

IMG_3801 ayam pisangIMG_3820-tomat

============================================================

Hari ke-11

Pagi: 1 cangkir kopi tubruk/teh + 1 sdm gula pasir + 1 iris roti tawar

Siang: 1 telur rebus + 1 wortel (rebus sebentar) + 1 lembar keju + 1 buah segar

Malam: 1 mangkok penuh pepaya diperasi jeruk lemon + 1 gelas susu non-fat

 

Hari ke-12

Pagi: 1 wortel besar diparut kasar diperasi jeruk lemon + 1 cangkir kopi tubruk/teh manis

Siang: 250gr ayam kukus dgn sedikit saos dan mentega tidak asin + 2 kentang rebus

Malam: 150gr daging sapi goreng/ikan bakar + selada diperasi jeruk lemon + 1 ikat bayam

 

Hari le-13

Pagi: 1 cangkir kopi tubruk/teh tanpa gula + 1 iris roti bakar

Siang: 250gr ayam kukus + selada diperasi jeruk lemon + 2 kentang rebus + 1 buah segar

Malam: 2 telur rebus + 1 wortel besar diparut kasar diperasi jeruk lemon

 

CATATAN :

Makan malam terakhir jam 18.00, abis itu kalau terasa lapar banyakin minum air putih aja (habis apa lagi ?)

6 thoughts on “Body Serasa Kulkas 2 Pintu ? Diet Yuk …

  1. Pake olah raga g mbk…

    Aq cm treadmill ajj tiap sore 1,5 jam .. Turun 2,5 kilo ..sebulan ..pola mkan masih berantakan..

    Aq vegetarian ..no ayam no daging .. Ikan masih mau dikit ..

    Kira” pake pola makan diatas ..bisa turun gk ya..

    • Menu di atas memang bisa nurunin berat, tapi nggak boleh diaplikasikan lebih dari jadual tsb. per tahun. Infonya begitu. Kalo saya sih sekarang terus terang jrang olah raga (cuman 1 minggu sekali), makan pagi diusahakan buah, makan siang dan malam diatur aja kurangi gorengan,lemak dsb.

Leave a Reply

