Makan Papeda di Sorong

 

 

Serunya jalan-jalan di Pasar Central Sorong. Isinya nggak semua orang Papua , lho. Malah kebanyakan orang-orang dari Makassar yang jualan di sana.

Lho… kok saya bisa kesasar sampai sana ? .. Jadi ceritanya ada kerabat yang akan nikahkan anaknya. Dibela-belain deh saya sama suami ke Sorong, meski tiketnya mahal , euy. Kami berdua belum pernah ke Papua, pingin dong injak-injak buminya dan  salah satunya juga karena keselip cita-cita pingin ke Raja Ampat… hmmm….

Sesampainya di Sorong, ternyata sodara-sodara banyak yang bermukim di sana. Berebutan deh tuh mereka ajakin kami nginap di rumahnya. Dengan tidak mengurangi rasa hormat sama tuan rumah, saya nginap di rumah sepupu suami, nggak pindah ke mana-mana .. takut ngerepotin sih sebenernya.

Ah senangnya , ternyata biar belum pernah bertemu, kami merasa seperti sudah sering komunikasi . Cerita-ceritanya bisa nyambung, gitu.

Istri dari sepupu suamiku itu ternyata gosipnya pinter banget mengolah kepiting jadi masakan enak. Ini yang sebar gosip suaminya sendiri.  Nggak sekedar gosip dong, kita juga pingin bukti.  Jadi, saya ngajakinlah dia ke Pasar.  Selain pingin makan kepiting enak, saya juga pingin hunting hunting foto di pasar.

***

Ketika keliling-keliling pasar ada dagangan yang bikin saya heran. Ini apaan sih kok kayak kayu warna putih dijual, buat apaan yaa , cita-citanya apa sih .

Ternyata ini yang namanya sagu. Selama ini saya tau sagu kalo udah dalam kemasan plastik. Sagu-sagu inilah yang jadi bahan untuk membuat papeda, makanan pokok orang Papua.

IMG_0627

 

 

Kalau saya nih di lagi di Jakarta atau di Papua sekalipun, tau-tau dikasih sepiring papeda , tanpa makanan pendukung lainnya, pasti saya pikir ini ngapain orang ngasih lem sepiring, segini banyak ? buat apa ?

Iyah …papeda tuh mirip sama dan sebangun dengan lem aci. Enaknya apa makan aci, coba ?

Untuk makan papeda tuh ada temennya. Katanya, biasanya dimakan sama ikan kuah kuning dan tumis kangkung daun pepaya. Mungkin juga ada varian lain. Hmm.. sembari nulis, sembari inget kenangan makan papeda, nelen liur deh nih.

Di pasar ikan tinggal pilih. Buat bikin kuah kuning, bumbu sudah ada per-iketan belinya. Ada daun kemangi, kunyit yang gede-gede, cabe dan serai. Jeruk nipisnya beli terpisah.

IMG_0632IMG_0629

IMG_0646

Lengkap , kan. Tinggal beli bahan. Masak dehh…

Tapi kami nggak beli tuh papeda dan teman-temannya. Tujuan ke pasar kan beli kepiting …hehe..

Lagian kata sepupu saya, bikin papeda tuh repot. Mending kita beli aja , ya … ada tempat langganan makan papeda enak , katanya.  Iya lah, kalau ntar repot bikin papeda, malah nggak makan kepiting …Smile

 

Setelah dari pasar, kami menuju rumah makan yang jual papeda. Namanya RM Jonathan. Tuh di foto ada nomor telponnya.

Nggak lama kami pesan, papeda datang dengan teman-temannya, kuah kuning dan tumis kangkung dikasih bunga pepaya.

Apa rasanya ?? yaa….enak dan segar menurut saya, meski memang butuh sedikit keahlian buat sendokin papeda yang molor molor kayak lem gitu. Tapi ternyata ada tekniknya supaya papeda bisa dipotong, yaitu dengan menuangkan kuah kuning ke piring papeda.

View albumView albumView albumView albumView albumView album

 

IMG_0702

Jadi, kami makan pagi pakai papeda kuah kuning, sementara kepiting dimasak buat makan siang.

Ternyata gosip bahwa istri sepupuku ini pintar masak kepiting bukan gosip belaka. Kepitingnya enaaak banget …. saya nggak catet resepnya. Lain kali kalo mau makan kepiting enak  ke Sorong, ahhh …… Hiyaaaa…..berat diongkos dong Smile

Map picture

 

Oya, ada satu yang terlupa. Ketika keluar Pasar Central, saya melihat gadis kecil cantik banget.Mukanya begitu eksotis. Ini fotonya. Cantik, ya ..

IMG_0666

IMG_0661

One thought on “Makan Papeda di Sorong

Leave a Reply

