Margherita Pizza

Hayyyaaa… pelajaran bikin pizza dimulai ..

Sebelumnya saya kasih tau dulu kalo yang punya resep ini adalah si ‘Mentri Makanan’ Jamie Oliver.  Seperti kebiasaan Jamie yang keliatan suka asal—asal masak, campur ini campur itu langsung tadaa jadi makanan enak, begitu juga sama resep pizza ini, gampang bikinnya, enak makannya dan biayanya gak
semahal ke Pizza Hut sekalipun. Bisa setebal dan setipis apa yang kita mau.
Hmm.. jadi inget pizza bakar di Bogor yang yummeehh itu. Bikin pizza bakar ? bisa juga dong..kalo punya tungku bakar sama kayu bakarnya .. he he ..

Oke, langsung caranya begini ibu-ibu, dan bapak (spesial buat Chef Danny Leonur).

1. Siapin terigu protein tinggi 1 kilogram dan 1 sendok makan garam. Ayak.

Apa itu terigu protein tinggi ? gimana ukur tinggi rendah protein yang ada di terigu ? Mereknya apa ? Beli di mana? … ok ok… nggak usah ribet-ribet. Mungkin gak sih beli di toko bangunan ? kalo mungkin, beli aja di sana, minta terigu protein tinggi ! beres ! atau bilang terigu yang untuk buat roti ! Jangan ketuker sama terigu yang buat bikin cake atau buat bakwan yaa … apalagi ketuker sama semen, nanti hasilnya akan beda.

Kalo langkah kerja Jamie, terigunya ditaro di meja yang sebelumnya udah dibersihin. Yang oke meja dari marmer, tapi kalo punya meja kaca juga gak dilarang, adanya meja kayu ya oke juga. Campuran terigu dan garamnya dibentuk gundukan, lalu tengah-tengahnya dibolongin seperti bikin sumur. Kebayang , gak ? Atau bayangin aja gunung vulkanik, tengah-tengahnya kan  ada lubang lava. Kebayang dong .

Kalau saya bikinnya gak di meja kayak gitu. Ribet ntar beres-beresinnya, tepung ke mana-mana, males ah. Biasanya saya buat di baskom yang gede aja.

Selanjutnya langkah berikut.

2. Campur bahan-bahan berikut :

–         Air 650 ml

–         4 sendok makan olive oil (extra virgin olive oil)

–         14 gram ragi instan (kalau saya 11 gram, karena pakai 1 bungkus kemasan instan yang beratnya 11 gram)

–          1 sendok makan gula castor (ini istilah untuk gula pasir halus)

Setelah dicampur, diaduk, didiemin dulu sebentar.

Kalau nggak punya olive oil lebih baik segera ke warung terdekat beli kemasan yang paling kecil aja. Jangan sampai diganti sama minyak goreng , Sania kek, Filma kek, Tropical kek . Jangan
! E Kenapa e kenapa begitu ? E karena e karena dibilangnya begitu. Katanya
hasil akan beda. Bedanya di mana ? Saya nggak pernah coba … udah cape-cape
bikin tapi gagal , males juga kan. Jadi ikutin aja kalo dibilang pakai olive oil alias minyak zaitun ekstra perawan ya pake aja itu.

3. Langkah ketiga, ini yang paling atraktif, butuh sedikit keluarin tenaga dalam dan agak banyak keluarin tenaga luar.

Tuang campuran air dll tadi ke ‘sumur terigu’ pada langkah pertama. Dengan menggunakan garpu, terigu yang dipinggiran sedikit-sedikit dimasukin ke ‘sumur’ yang sudah berisi campuran air sembari diputar.

Kalau terigu dan air sudah tercampur , mulai deh kita turun tangan.

Siapin piring yang diberi terigu, lalu telapak tangan kita kasih terigu seperti kita mau bedakan dalam jumlah banyak. Lalu uleni adonan tadi  sampai halus dan agak-agak membal. Kalau adonan nempel-nempel di tangan, kasih aja lagi  terigu di telapak tangan kita.

Saya nggak saranin pakai food processor atau bread maker, karena gak perlu. Cukup pakai tangan aja uleninnya, lagian gak lama-lama, kok. Kalau pakai FB atau BM malah cape nyucinya ntar. Katanya mau langsing, olah raga dikit aja gak mao !!

Lalu, siapkan baskom besar yang sudah ditaburi terigu, letakkan bulatan adonan di baskom tsb. taburi adonan dengan terigu. Tutup dengan lap basah selama 1 jam. Adonan akan mengembang 2 kali lipat.

4. Kalau adonan sudah mengembang, kita tinju itu adonan  untuk menghilangkan udara yang ada di adonan itu. Di tahap ini kita mulai bagi adonan menjadi 8 bulatan. Kita bisa simpan sebagian adonan  di freezer. Caranya dengan masukin ke kantong plastic atau pakai cling wrap. Satu bulatan dimasukkan kantong plastik, plintir plastiknya lalu masukin bulatan yang lain. Ini cara buat menghemat penggunaan plastik, karena bisa aja satu kantong plastik buat satu adonan.

Kalau mau pakai, adonan yg di freezer dikeluarkan , lalu didiamkan sampai mencapai suhu ruang. Langsung deh bisa dipakai.

Bulatan adonan yang kita mau pakai kita letakkan di loyang. Sebelumnya loyang dikasih olive oil dikit aja tapi rata. Lalu bulatan adonan digilas pakai rolling pin, atau botol , atau gelas,
terserah deh yang bentuknya silinder. Kalau saya malah gak pakai semua itu, cuma
ditekan-tekan sambil dilebar-lebarkan sampai ketebalan/ketipisan yang kita inginkan.

LEbih baik adonan digiling 10 menit atau 15 menit menjelang kita pakai. Jangan kita sudah giling tapi ditinggal berjam-jam. Atau .. boleh digiling, ditinggal satu jam, tapi setelah digiling langsung kasih olive oil dan terigu lalu dibungkus pakai cling wrap, masukkan ke kulkas. Baru deh ditinggal. Kalau mau pakai tinggal dikeluarkan dari kulkas dan tunggu sampai adonan mencapai suhu ruang.

Kalau senang model Pizza Hut bisa digilas tebal, tapi kalau suka Izzy Pizza ya ditipisin aja. Kalau saya suka yang tipis.

5. Untuk buat saus, campurkan :

–          5 sendok makan pasta tomat (ini sama juga dengan 1 kaleng pasta tomat ukuran kecil)

–          8 sendok makan olive oil

–         ½ sendok teh oregano (saya pakai bumbu italia)

–         ½ sendok teh merica hitam (saya nggak pake, karena gak punya)

Oya, jangan diganti pasta tomat dengan saus tomat karena rasanya akan beda.

6. Adonan yang sudah digilas tadi kita masukkan ke dalam oven sebentar aja, sekitar 7 menit sampai setengah matang. Lalu keluarkan.

7. Olesi adonan setengah matang itu dengan campuran pasta tomat, taburi dengan parutan keju mozzarella yang banyak dan daun basil.
Karena saya nggak punya daun basil segar, pakainya basil kering dalam kemasan. Saya lagi cari-cari nih bibit basil biar bisa nanem di rumah. Kalau ada yang tau beli di mana tolong kasih tau yaa ( di Ace Hardware gak pernah dapet euy)

8. Oven 10 menit. Keliatan deh tuh si mozza meleleh ke sana ke mari …. Hmmmm ….

9. Tahap selanjutnya, yaa di makan laaah … apa lagi ? masa dipelototin doing ? cape deh .

Okayy , pelajaran pizza selesai .

Oya, si Jamie bilang pizza ini
namanya MARGHERITA PIZZA.  Topingnya bisa kita macem-macemin. Kasih irisan sosis, smoked beef, jamur, oke pastinya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s