Waffel

Berhubung dapat limpahan cetakan waffel dari ibu saya, jadi hari Minggu lalu saya coba-coba buat waffel. Saya juga nggak tau tuh kenapa ibu saya yang biasanya cuman bikin kue apem (fyi cetakan kue apem yang dari kuningan masih ada, ternyata, padahal itu cetakan udah dari jaman saya kecil), kok dia punya cetakan waffel segala ? Malah ada cetakan kue pancong yang juga dilimpahkan ke saya. Cetakan waffel dan pancongnya malah belum pernah dipakai. Ternyata cetakan-cetakan itu dibeli (cuman pengen beli aja, kali) sudah lama banget waktu pergi ke Kediri. Walah…berat-beratin bagasi. Untung deh buat saya yang gak perlu cari-cari (beli) lagi cetakan itu.

Cetakan waffel ini bukan cetakan waffel yang pakai listrik. Bukan yang seperti di mal-mal. Ini cetakan belinya di pasar tradisional. Sepertinya terbuat dari alumunium, handlenya dari kayu , lumayan berat. Menurut informasi , cetakan nggak perlu dicuci pakai sabun, cukup disikat sebersih-bersihnya. Kalau pakai sabun akan membuat cetakan jadi karatan. Tapiii …kalau terlanjur nyabunin cetakan waffel yaa nggak apa-apa. Anjurannya, setelah dicuci, dikeringkan, langsung dioles minyak goreng dengan rata untuk menghindari karatan.

Perihal resep, rasanya gampang sekali cari resep di internet. Cari aja di Google/Yahoo/Altavista/Bing/Lycos kata kunci ‘resep wafel’, atau ‘waffel recipe’ atau ‘resep wafel enak’, atau ‘resep wafel belgia yang mantab tenan’, atau apa aja deh. Langsung tuh keluar resep-resep wafel. Kita tinggal ikutin cara buatnya.

Saya ambil resep di http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20080702220147AAEAapX ,karena ini resep yang paling gampang, saya cuma sedikit modifikasi.
Yang perlu kita siapkan :
1. Tepung terigu 150 gram. Diayak
2. Ragi instan 7 gram.
3. 50 gram gula pasir.
Ketiga bahan kering ini dicampur di baskom
4. 50 gram butter, dicairkan.
Kalau mencairkan butter nggak perlu sampai mendidih. Caranya, setelah butter ditimbang, masukkan ke panci kecil lalu panaskan. Kalau sebagian sudah mencair langsung angkat lalu diaduk-aduk. Kalau saya biasanya saya masukkan butter ke mangkuk keramik, lalu masukkan ke microwave. Setel 5 – 10 detik (tergantung microwafenya). Kalau sudah sebagian mencair langsung keluarkan dan aduk-aduk sampai semua rata mencair.
5. 200 cc susu dingin.
Resep aslinya 20 gr susu bubuk+200c air hangat. Saya nggak pakai air hangat. Cuman berdasarkan feeling aja tiap bikin sesuatu yang berhubungan dengan ragi, lalu dikasih air hangat hasilnya nggak oke. Pernah baca kalau resep bule (eropa/amerika) biasanya emang ragi dicampur air hangat. Cuman kalau di Endonesa pakai air dingin supaya raginya gak kepanasan dan mati. Tapi nggak tau deh pembahasan benernya gimana.
6. Essence vanila.
Cara buatnya :
1. Bahan kering (terigu, ragi, gula) dicampur rata.
2. Tambahkan kuning telur, aduk
3. Tambahkan susu cair + vanilla, aduk sampai rata.
4. Diamkan 1 jam. Adonan akan mengembang 2 kali lipat
5. Panaskan cetakan waffel sepanas-panasnya, lalu dioles margarin sampai rata supaya adonan tidak lengket di cetakan.
6. Kecilkan kompor.
7. Masukkan adonan, tutup rapat lalu langsung dibalik.
8. Tunggu beberapa saat, 2 menitan gitu deh, tes tusuk (untuk tau sudah matang atau belum) lalu angkat.
Dengan resep ini dan cetakan yang saya punya bisa dapat 4 waffel. Cuma waktu buat pertama kali ada ‘kecelakan kecil’. Saya lupa poles margarin jadi adonannya lengket ket ke cetakan.

Kalau mengenai rasa, kayaknya biasa aja, seperti keluarga pancake pada umumnya. Berhubung dimakan dengan es krim tiramisu mangkanya jadi lebih kerasa enak.

Bikin waffel ini , belum hilang capeknya, masih panas cetakannya, tapi waffel sudah habis duluan ..:D

Leave a Reply

