Zuppa Soup

IMG_4847

Zuppaa ….

Ingat saya dulu zuppa  ini dipopulerkan oleh Tante Titik Puspa dengan Puspa Catering yang biasanya dihidangkan buat acara kawinan. Sekarang, katering kawinan mana yang nggak menyediakan zuppa soup di daftar pilihan menunya ?

Jadi kalo kawinan , terutama kawinan orang-orang kaya yang mampu memesan zuppa soup untuk di gubuk-gubukan, antrian zuppa sama panjangnya dengan yang antri kambing guling….ular naga panjangnya deh. Tapi kalau diperhatiin, ternyata orang-orang itu banyak yang nggak ngehabisin jatah soupnya. Apa kebanyakan porsinya … atau nggak cocok di perut melayu ? Yang pasti sih tergantung cateringnya. Kalau cream soup nya enak denga porsi yang pas, lalu pastry nya nggak terlalu berminyak, yakin deh pasti abis tandas.

Zuppa soup juga pernah saya pesan di Pizza Hut. Abis itu, saya nggak rekomen zuppa soup di sana. Maaf yaa .. di sana terlalu asin rasa soupnya. Seperti kelamaan di kuali, keseringan dipanasin jadi lama-lama asin. Beda sama zuppa soup di Spaghetti House yang lezat itu.

Konon buat zuppa soup itu ribet. Mungkin karena pembuatan dua komponen yang gak saling bergantung yang kemudian dijadikan satu ketika di-oven agak-agak ribet, yaitu cream soup dan adonan pastry.

Ribet pertama adalah buat adonan pastrynya. Bayangkan, kita musti menguleni adonan pastry sampai kalis, dengan indikator adonan nggak nempel di tangan. Kemudian kita mengikuti prosedur kerja sehingga nanti ketika matang didapat pastry yang krispi dan tipis berlapis-lapis.

Coba liat cara buat pastry di bawah ini :

ADONAN DASAR FLAKY/PUFF PASTRY

(Sumber: Fatmah Bahalwan)

Bahan:

500 grm tepung terigu protein tinggi

1 sdt garam

50 grm mentega tawar

300 ml air es

400 grm korsvet

1 ½ sdm gula pasir (khusus untuk pastry manis)

Cara membuat :

  1. Campur semua bahan, kecuali korsvet, hingga menjadi butiran, lalu uleni hingga kalis.
  2. Tipiskan adonan dengan cara menggilasnya, lalu bagi menjadi tiga bagian tanpa dipotong.
  3. Dua sisi pertama oleskan korsvet, lalu lipat kedua sisi ke tengah, sedemikian rupa sehingga letak korsvet berlapis selang-seling dengan adonan. Tipiskan lagi, bagi tiga lagi, lakukan hal yang sama hingga 6 sampai tujuh kali.
  4. Setelah puff pastry siap, istirahatkan sebentar di lemari pendingin selama lk. 15 menit. Siap untuk dibentuk.

Note:

  • Supaya adonan vla gak ‘berkulit’ setelah didinginkan, aduk terus selama pendinginan. Supaya gak capek ngaduknya, persingkat waktu pendinginan dengan meletakkan mangkuk vla di atas es batu. Aduk terus vla hingga dingin. Niscaya (taelah) vlanya akan hualus dan tiada berkulit.

 

Untungnyalah adonan puff pastry ini sudah ada yang jual dalam bentuk lembaran. Di Titan saya beli di bawah 20 ribu rupiah untuk 10 lembar puff pastry. Jangan lupa memasukkan puff pastry ke lemari pendingin kalau belum dipakai.

Jadi perkara ribet pertama sudah ada solusinya. Ribet kedua, yaa sebenarnya nggak terlalu ribet adalah buat soupnya. Soup untuk puff pastry biasanya berupa cream soup, yang buatnya pakai acara di-blender dan disaring-saring segala.

Contohnya seperti buat  cream soup di bawah ini :

Sup Krim Jamur

Original Recipe by Fatmah Bahalwan

Bahan :

75 gr margarin

75 gr bw bombay, cincang

200 gr jamur kancing, cincang kotak kecil

30 gr tepung terigu

600 ml kaldu

2 sdt saus mustard

1 sdt garam

½ sdt merica bubuk

100 ml krim kental (whipped krim)

Jamur tumis

1 sdm margarin

50 gr jamur kancing potong tipis.

Cara membuatnya :

Panaskan margarin, tumis bawang bombay sampai layu, masukkan jamur, aduk sampai jamur layu, tambahkan terigu, aduk rata, pindahkan kedalam panci.

Tuang kaldu sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai adonan rata, didihkan. Masukkan saus mustard, garam dan merica, aduk, angkat. Dinginkan.

Jamur tumis: panaskan margarin, tumis jamur iris hingga layu, sisihkan.

Masukkan sup kedalam blender, proses hingga halus. Tuang kembali kedalam panci, jerang diatas api kecil sampai cukup panas, aduk, angkat. Hidangkan selagi panas.

Note : bisa ditambahkan potongan dadu kecil daging ayam dan jagung manis pipilan, pada sup krim jamurnya.

Pasted from <http://annevijaya.com/2006/07/zupa-zupa-soup.html>

Kalau pas rajin dan pingin puas, bagusnya emang buat sendiri puff pastry dan cream soup. Tapi kalau malas , toh masih ada jalan lain ke Roma lewat Carrefour, Hero, Giant, Ranch Market, Food Hall atau bahkan lewat All Fresh. Beli aja cream soup di sana :).

Jadi, tanpa terlalu banyak mengerahkan tenaga dan peralatan dapur, kita bisa buat sendiri zuppa soup di rumah.

Tahap terakhir dari pembuatan zuppa soup adalah memasukkan cream soup ke ramekin atau mangkuk keramik khusus buat oven gas. Ini perlu diingat karena tidak semua mangkuk keramik bisa masuk ke oven gas. Baca keterangan di bagian bawah mangkuk, karena kalau  bisa masuk ke oven microwave belum tentu bisa dipakai di oven gas.

Lalu tutup mangkuk dengan lembaran puff pastry. Hati-hati supaya kulit tidak robek. Panggang di suhu 180 derajat celcius sampai kulit pastry menggelembung cantik.

Sampai Zuppa lagi 🙂

Advertisements

2 thoughts on “Zuppa Soup

  1. bagi yang mau mencoba zuppa soup buatan saya…..silahkan datang ke jln mampang prapatan 6 no 83 tegal parang jakarta selatan …terima kasih….maaf ya numpang promosi nih…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s