Too Good To Be True, I Made Tiramisu

 

 

IMG_4743  tira
IMG_4729-e IMG_4748
IMG_4735 IMG_4748 
 

tira

 

Ternyata bikin tiramisu itu guammpang boo… haha … *jumawa*.

 

Sebenarnya ini karena saya merasa ‘tertantang’ gara-gara rekan saya, Vita bilang dia sukses bikin tiramisu. Vita masak ? Hah ? Bikin tiramisu pulak ? dan bilang gampang banget ??

VIta sempat posting resep tiramisu yang dia buat di fb. Ternyata yang dia buat adalah resep dari Bunda Inong. Dan memang sih,  setelah dibaca step-stepnya nggak susah susah amat. Yang susah cuma nentuin mau beli mascarphone atau cream cheese biasa … hmm..

Tau kenapa susah ? yaa karena mascarphone itu harganya lebih dua kali lipat dari cream cheese, sementara keduanya sama-sama cheese juga !

Memang sih, ada yang bilang kalau bikin tiramisu kejunya bukan mascarphone, namanya bukan tiramisu. Iya deh … tapi harganya ituuhhh …hu hu ….

Karena masalah harga, dan saya pikir ini baru kali pertama bikin tiramisu, anggap aja percobaan, maka saya cuma beli cream cheese yummy.

Resep tiramisu saya ambil dari resepnya Fatimah Bahalwan. Cuma ada beberapa yang saya ganti seperti mascarphone tadi. Saya juga nggak pakai kahlua. Lady finger saya ganti dengan cake biasa yang kemudian setelah matang saya bagi dua.

Ada tambahan lagi, sebelum diolesi lapisan cheese, cake nya saya olesi ganache cokelat.

TIRAMISU

Recipe by Fatmah Bahalwan

Bahan:

250 gr keju mascarphone  <– saya : ganti sama cream cheese

300 ml whipped cream

100 gr gula bubuk

½ sdt esence vanilli

4 btr kuning telur

50 gr gula kastor

Bahan lain:

2 sdm kopi instant, cairkan dengan

150 ml air hangat

1 sdm gula pasir

150 ml kahlua / rhum (bila suka) <– saya : nggak pake

20 bh lady finger atau sponge cake coklat 3 lembar ukuran 22x22x3cm  <– saya : pake sponge cake

Garnish:

Whipped cream dan coklat bubuk secukupnya

Saya : tambahan ganache cokelat (buatnya : panasin whipping cream jangan sampai mendidih, lalu masukkan cokelat masak, aduk rata)

 

Cara membuat:

  1. Kocok keju mascarphone, sisihkan.
  2. Kocok whipped krim dan gula bubuk hingga kental dan kaku. Sisihkan dalam kulkas agar tidak meleleh.
  3. Kocok kuning telur, gula kastor, dan vanilli hingga kental, lalu lanjutkan mengocok di atas air mendidih (kocok tim) hingga telur hangat. Angkat, teruskan mengocok hingga telur kembali dingin. Matikan mikser.
  4. Keluarkan whipped cream dari dalam kulkas. Masukkan keju mascarphone yg sudah dikocok, aduk rata (atau kocok dengan mixer speed 1), tuangkan pula kocokan kuning telur, aduk hingga rata benar.
  5. Ditempat lain, campur gula, air kopi, dan rhum (optional), aduk rata, sisihkan.

Penyelesaian :

  1. Siapkan loyang bongkar pasang atau gelas saji, susun lady finger (ato cake coklat sesuai selera) di bagian dasar hingga rata, perciki dengan cairan kopi hingga lembab. Tuangkan adonan mascarphone, ratakan.
  2. Susun lagi lady finger, seperti paling bawah tuang lagi dengan adonan mascarphone. <– saya : sebelum adonan cheese , cake saya lapisi dengan ganache
  3. Buat dua atau tiga susun paling atas, hias dengan whipped krim, lalu ayakkan coklat bubuk.
  4. Bekukan dalam kulkas selama 4 jam.

 

IMG_4742 

 

Kalau dari pengalaman bikin tiramisu ini, catatan dari saya adalah sepertinya cake akan lebih enak kalau kasih kopinya dibanyakin. Pakai cream cheese ternyata enak juga … hmm… apalagi pakai mascarphone yaa …:))

Oya, saya menemukan ‘kesenangan’ baru ketika membelah kue yang saya praktekin dari info di milis NCC.

Cara membelah kue selain pakai pisau panjang, bisa juga pakai benang jahit. Berhubung nggak punya pisau panjang, saya pakai benang. Caranya :

1. Sekeliling kue yang mau dibelah diberi tanda dengan cara ditusuk pakai garpu.

2. Tempatkan benang di sekeliling kue di track tusukan garpu tsb.

3. Lalu hati-hati dan cepat, tarik kedua ujung benang jahit ke arah yang berlawanan.

4. Hasilnya kue akan terbelah dengan cantik.

Advertisements

One thought on “Too Good To Be True, I Made Tiramisu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s