Banoffee Pie dari KBB

Technorati Tags:

IMG_3269

Resep ini dari Klub Berani Baking. Saya anggota KBB ? Nggak dongg … baking nya sih berani , tapi saya ga cocok kalo masak dikasih target. Bisa tambah frustrasi :).Haloo ibu-ibu di KBB, boleh kan saya intip-intip resepnya.

Caranya ada di http://klubberanibaking.blogspot.com/.

Pastry:

300g tepung terigu, 150g mentega tawar, iris dadu, 5 sdM gula, 2 kuning telur, 3 sdM air dingin

Masukkan tepung, mentega dan gula di dalam food processor, lalu proses hingga tercampur rata, tambahkan kuning telur (memakai pulse, supaya mengadoninya kemungkinan besar dapat tercampur rata dengan kecepatan tinggi dan waktu yang pendek). Proses hingga menjadi remah-remah. Tambahkan air sedikit demi sedikit. Jika remahnya menjadi lebih besar (maksudnya sudah terkumpul), matikan mesin dan periksa apakah pastry bisa dikumpulkan jadi satu jika ditekan-tekan menggunakan jari (tekannya pelan-pelan aja, just to make sure). Keluarkan ke atas meja kerja dan kumpulkan (jangan uleni) hingga membentuk bulatan besar. (cara yang paling baik adalah tidak dengan meremas2 adonan supaya tidak mendapatkan hasil pastry yang keras/rubbery. Kumpulkan adonan ke atas plastik, kalau bisa langsung dibentuk seperti bola lewat cara merapatkan seluruh ujung plastik menjadi satu sehingga membentuk bola, jadi tidak menggunakan jari jemari anda untuk membentuk apalagi meremas adonan.

Note: jika tidak mempunyai food processor, tepung bisa dicampur dengan mentega pakai jari hingga berbentuk remah-remah hanya saja jangan diremas-remas. Gunakan ujung2 jari jika ingin mencampurkan tepung dengan mentega.

Setelah terkumpul membentuk bola diamkan di kulkas selama kurang lebih 30 menit.

Keluarkan dari kulkas, giling sehingga mencukupi untuk menutup 20-22cm flan tin atau loyang pie/tart. Tekan-tekan hingga memadati seluruh dasar loyang. Trim pinggiran pie/tart lalu tusuk dasar pastry dengan garpu. Sisihkan sebentar selama 30 menit.

Alasi kertas roti dan gunakan biji-bijian untuk menekan adonan supaya tidak menggelembung jika dipanggang. Panggang suhu 180C selama 12-15 menit atau hingga pastry kelihatan kecoklatan. (Lalu angkat kertas roti dan biji2an lalu panggang lagi selama 5 menit hingga dasar pastry mengering.)

Filling

75g mentega, 50g brown sugar, 3 sdM susu, 300g SKM, 2 buah pisang matang tapi tidak lembek, 300ml krim, ½ -1 cup white chocolate curls atau parut.

Masak mentega dengan gula hingga mentega leleh dan gula larut. Didihkan dan masak selama 1 menit (dengan api kecil), sambil diaduk-aduk menggunakan sendok kayu. Angkat dari api dan tambahkan susu dan SKM. Kembalikan ke atas api dan didihkan. Masak hingga 5-6 menit, diaduk-aduk hingga filling mengental dan berwarna kecoklatan. Dinginkan. (jika ingin mendapatkan efek runny, masaknya hanya sampai 4 menit saja).

Iris-iris pisang dan susun di dasar pastry yang sudah dipanggang. Tuang karamel lalu dinginkan di dalam kulkas selama 2 jam. Kocok krim hingga kaku lalu tuang ke atas pie/tart (boleh dengan cara mengolesi atau menyemprot dengan spuit, it’s the time to use your imagination!) Taburkan coklat serut di atas krim.

English Version

Banoffee Pies

Source: Foodtown Magazine. October-November 2007; Cuisine Magazine, November

Pasted from <http://klubberanibaking.blogspot.com/>

Advertisements

5 thoughts on “Banoffee Pie dari KBB

  1. ‘doh…mba, nyammeh banget nie…ajarin dunk mba ato ku pesen dee….ku suka banget nie kue pie/tart. tp jangan dpakein krim….hehehe

    • Sori nggak terima pesanan hahaha . Baca petunjuknya baek-baek, gampang kok bikin sendiri. Ntar kalo udah jadi kasi tau yaaa …

    • Hai Widya, salam kenal.
      Terima kasih ya comment nya, ini juga lagi belajar.
      Saya pakai kamera pocket andalan, Canon PowerShot A 650IS.
      Ngga fully automatic, bisa setting manual, makro juga bisa.

  2. Pingback: Apple Pie | When Time to Cook Comes

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s