The First Pao in My Life

DSC00191

DSC00189

Saya tau deh sekarang kenapa banyak abang-abang yang jualan bakpao. Yaitu karena dengan modal yang sekecil-kecil bisa dapet bakpao yang sebanyak-banyaknya ! He .. he … gak gitu juga kok … Ini cuma berdasarkan pengalaman kemarin.First time in my life saya bikin bakpao. Oyah, menurut Pak Bondan kalo bakpao itu adalah pao yang isi bak  atau babi. Tapi karena bakpao sudah jadi kata generik untuk roti isi khas yang dikukus, apapun isinya, jadi saya tulisnya bakpao aja. Yang penting pada ngerti deh biar salah kaprah juga.

Iya benar ini pertama kali dalam hidup saya bikin bakpao. Asalnya, waktu pulang dari man gitu (lupa) Fachry minta dibeliin bakpao. Kita lalu berhenti sebentar di jalan Asia Afrika tempat pada tukang bakpao mangkal. Lahap banget mereka makannya.

Seperti biasa saya coba cari resep di internet. Dapat di dapurmami.blogspot.com/2006/03/kulit-bakpao.html , dapurnya mami Stella. Resepnya seperti ini :

—————————————

Resep Kulit Bakpao
By Stella
Biang Bakpao :

  • 250 gr terigu protein rendah
  • 10 gr ragi instant
  • 150 cc air

Bahan Adonan Utama Bakpao :

  • 90 gr terigu protein rendah
  • 60 gr tepung tang mien (bisa diganti dengan terigu protein rendah)
  • 70 gr gula halus
  • 1 sdm baking powder
  • ¼ sdt amoniak kue (boleh tidak dipakai)
  • 3 sdm air
  • 50 gr mentega putih


Cara membuat :

  • Campur semua bahan untuk biang. Di uleni sampai tidak lengket di tangan ( kurang lebih 10 menit).
  • Diamkan biang selama 1 jam atau sampai mengembang 2 kali.
  • Masukkan bahan adonan utama ke dalam biang biang bakpao. Uleni sampai kalis.
  • Timbang adonan sebesar 20-25gr. Tipiskan, bentuk menjadi bulat. Letakkan isi bakpao ke tengah2x adonan.
  • Kukus bakpao selama 15 menit.

Bahan isi : tergantung selera.
Isi yang saya pakai :
daging giling atau daging panggang merah ( char siu )
ditumis dengan bawang putih, kecap asin, saus tiram, merica
dilarutkan dengan sagu, kasih pewarna merah sedikit.
Untuk teksture bakpaonya…. nggak kalah deh dari yang di resto.

—————————

Bahan yang nggak saya pakai adalah tempung tang mien dan amoniak kue, karena nggak punya. Trus kok ga tega yah bikin makanan dari amoniak. He he ..Mentega juga saya pake bukan yang putih. Yang kuning ga pa pa kok. Satu adonan bisa dapat sekitar 20 an bakpao.

Lalu bikin bakpaonya model bunga mawar. Untungnya pas dikukus kelopak mawarnya nggak berguguran atau menjelma menjadi bunga teratai :). Gimana bikin model bunga mawar juga dijelasin sama Stella. Thanks ya Stella.

Anak-anak suka bakpao model begini, karena bisa ngelepasin kelopaknya satu-satu, trus dicuil-cuilin.

Trus besoknya saya bikin lagi dibantu sama anak-anak. Tau kan kalo anak laki-laki bantuin masak, seru deh. Hasilnya juga seru, mau dibilang bentuk mawar kok nggak mirip, mau dibilang bentuk bulet kok peyang-peyang.

Setelah sukses ngegiling adonan, Afif dengan bangga bilang, ” Adek udah bisa bikin kue … Adek udah bisa bikin kue !”

DSC00195 DSC00192-bakpao

Advertisements

4 thoughts on “The First Pao in My Life

  1. Lam kenal….

    Wah, bikin tambah laper nih…. hehehe…..

    Bakpaunya cantik2…..

    Btw kalo boleh tau, cari cetakan yang unik2 kaya gitu dimana yah?? Thanks be4….

    istriku kalo bikin bakpau maknyus juga, hehehe….
    tapi bentuknya standar2 aja…. maklum ga pake cetakan… (ga tau cari dimana, posisi saya di semarang, pernah cari di alat2 resto juga ga ada)

    “Anak-anak suka bakpao model begini, karena bisa ngelepasin kelopaknya satu-satu, trus dicuil-cuilin.”

    Kalo bentuk unik kaya gitu emang bikin anak2 seneng, hehehe…

    – h e n d r a –

  2. Pingback: Cara Buat Kulit Bakpao Berbentuk Mawar « When Time to Cook Comes

  3. Pingback: 2010 in review « When Time to Cook Comes

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s