Chocolate Chip Peanut Butter Cookies

DSC00141-peanutbutter

Ini adalah cookies pertama yang saya buat dalam hidup saya selama ini. Dari jaman dulu kalau mau lebaran saya cuma jadi asisten aja yang bulet-buletin nastar, atau dapat kerjaan ngecat kuning telur di atas kastengel. Ngga pernah jadi pemeran utama yang punya kuasa nimbang bahan, bikin adonan, bahkan kekuasaan buat memutuskan apakah cookies udah matang atau belum. Tapi emang waktu itu saya males ngerjain yang kayak gituan. Lebih ringkas beli kue kering di toples, ya toh !

Kalau sekarang saya coba masak, itu karena naluri, ciehhh … huehuehe … Ternyata sejauh ini saya menikmati acara masak-masak.Mungkin juga ini pengaruh Nigella, yang sebenernya saya ga terlalu suka ama gaya dia. Kenes tapi makannya banyak, agak geli-geli pegang bahan masakan mentah, tapi kok masakannya keliatan enak.

Saya cari-cari resep peanut cookies karena di rumah ada banyak Peanut Butter yang kelebihan beli waktu acara sunatan Fachry. Saya dapat resepnya Vania.

Resepnya seperti ini :

Recipe from blog mba Vania

¾ cup butter suhu ruang

½ cup selai kacang

1 cup gula pasir

½ cup brown sugar

1 sdt baking powder

½ sdt soda kue

2 telur

1 sdt vanila essence

1 ¼ cup tepung terigu

1 ½ cup oat

½ cup kacang2an yang udah dipotong2

½ cup chocochips

1. panaskan oven

2. kocok butter yg udah suhu ruang dan selai kacang selama 30 detik, jangan lama2 pokoknya.

3. masukin gula pasir, baking powder, soda kue sampe nyampur.

4. masukin telor satu persatu, lalu vanilla essence.

5. masukin terigu semampu mixer, sisanya diaduk pake spatula aja.

6. masukin oat, kacang2an dan chocochips, aduk lagi sampe nyampur.

7. cetak bulat pake 2 sendok (aku pake ½ sdm), lalu taro di loyang kue kering, beri jarak masing2 sekitar 5cm.

8. Panggang 10-12 menit sampe warnanya kecoklatan. Angkat, biarkan 2 menit lalu pindahkan ke wire rack (kawat2an buat ngadem kue itu), kalo udah dingin taro di toples.

DSC00136-peanut butter

Jadi deh tuh kayak gitu. Cuma, seperti biasa, ada aja bahan yang ngga saya masukin ke adonan. Saya ga pake soda kue , karena ngga punya.

Menurut teori soda kue atau baking soda itu berfungsi sebagai ragi. Biar adonannya naik, gitu deh. Karena soda itu alkaline yang nanti bisa bereaksi dengan acid yang ada di adonan. Kalau di adonannya ngga ada unsur acid, berarti ga ada reaksi kimia yang terjadi. Hm, mungkin gula yang fungsinya acid, kali lohhh… analisa sok teu gue aja nih. Nah kalau ada reaksi antara pertemuan baking soda dan adonan, maka akan terjadi gas karbondioksida yang membuat adonan mengembang. Tapi baking soda membuat rasa jadi berubah karena acid yang jadi netral. Ah kok jadi teori Kimia ya .. .padahal Kimia saya dulu jeblok amat.

Nah kalo baking powder merupakan perpaduan dari baking soda dan acid yang akan menghasilkan senyawa netral yang akan bereaksi jika bertemu sama adonan. Adonan kue  berfungsi sebagai katalisator. Seperti baking soda, baking powder juga akan menghasilkan gas karbondioksida yang mengembangkan adonan, cuma baking powder tidak membuat ph adonan berubah atau membuat rasa jadi berubah seperti halnya baking soda. Begitu katanya.

Jadi karena fungsinya yang beda tipis gitu, saya pakai aja baking powder yang porsinya dinaekin dikit. He he he.

Ah sebenernya saya harus ngaku, kalau ini cookies yang kedua. Pertama saya juga bikin peanut butter cookies, cuma penampakannya rada amburadul karena saya nyetaknya pakai dua sendok makan. Hasilnya memang jadi besar-besar, tapi maklum amatir, besarnya nggak konsisten. Ada yang besar, ada yang besar sekali, ada yang besar banget … Malu jadinya klo difotoin.

Juga, saya ragu sudah dipanggang 10 – 15 menit kok kayaknya ga mateng-mateng. Ga garing. Mangkanya saya tambahin waktu panggangnya. Jadinya malah garing mendekati gosong. Kacau , ya.

Yang ini, saya coba cetak pakai sendok kecil. Hasilnya lebih manusiawi. Trus masalah memanggang, ternyata cookies itu klo masih panas ga garing, yah …. aahh kemane aje gueeee ….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s