Kentang Tutup

 

Kemarin (31/7/08)  saya YM-an sama Reina. Saya bilang kalau nanti malam rencananya mau bikin new york style cheese cake. Saya mau kirim ke kantornya. Reina semangat banget bilang , mauuuuuuuuuuuuuuuuuu… hehehe … Rencananya emang begitu.

 

Tapi pas sampai rumah baru ingat sama kentang-kentang yang kecipratan air hujan. Dari sekilo kentang, ada dua yang busuk total. Daripada menjalar ke mana-mana, sisa yang masih bagus dikupasin semua. Dan daripada kentang-kentang itu membiru, saya tangguhkan bikin cheese cakenya, trus browsing deh cari-cari resep yang pakai kentang. Kata kuncinya : kentang tutup; schotel  kentang; pastel tutup !

 

Sejujurnya saya ngga begitu nge-fans sama makanan dari kentang yang dibikin schotel atau kroket yang berpanir-panir itu. Cuma ya sayang aja kalau kentang-kentang itu nggak langsung diproses. Daripada membusuk, ngga dimakan, malah mubazir.

 

Seperti biasa, resep di internet yang bejibun itu malah bikin bingung mau bikin pakai resep yang mana. Alhasil, saya buat resep sendiri yang diinspirasi dan dimodifikasi dari resep-resep yang ada. Intinya sih bukan mau create resep baru, cuma mau pakai bahan-bahan yang sudah ada di rumah. Kebetulan ada sisa saus spaghetti yang ternyata ada juga gunanya.

 

Ini resep made by saya :

 

Untuk alas dan tutup :

  1. Kentang (sekilo dikurang 2 kentang yang busuk) dikukus. Setelah empuk dihancurkan. Saya ngehancurinnya pake kocokan telur, ternyata bisa hancur  dan halus juga :-).
  2. Masukkan 2 sendok makan margarin, masukkan susu segar kira-kira 200 – 300 cc. Karena saya ngga ada susu segar, saya bikin pakai susu bubuknya Afif. Ngga masalah, kan.
  3. Setelah itu masukkan kentang yang sudah dihancurkan, kasih oregano sesendok makan, sendok makan saus spaghetti bolognais, garam secukupnya, lada secukupnya. Kayaknya enak dikasih pala, cuma di dapur nggak ada.
  4. Aduk-aduk adonan kentang (ih kok adonan, kayak lagi bikin kue aja). Tadinya saya ngga yakin juga ngelihat susu yang menggenangi kentang. Eh tapi lama-lama susunya meresap ke kentang dan kentangnya menjadi lembut. Oh ya, kayaknya enak kalau dikasih keju juga, cuma karena menghindari rasanya menjadi ‘berat’ jadi nggak saya kasih kejunya.
  5. Setelah susu meresap dan kentang sudah bercampur dengan semua ingredient yang dimasukkan, sisihkan. Sekarang kita siapkan isinya.

 

Isi :

 

  1. Iris bawang putih, bawang bombay, daun bawang.
  2. Goreng irisan bakso dan irisan sosis.
  3. Tumis bawang putih, bawang bombay, masukkan tumisan bakso dan sosis. Masukkan jamur dan daun bawang.
  4. Masukkan lada, oregano, garam secukupnya, saus bolongnais 2 sendok. Aduk-aduk.
  5. Masukkan susu 200 cc.
  6. Angkat setelah mendidih.
  7. Setelah agak dingin masukkan telur yang dikocok lepas.

 

Siapkan loyang tahan panas, beri alas kentang lalu beri isiannya. Tutup dengan adonan kentang sisa. Lalu bakar sampai matang.

 

 

Setelah matang, yaa dihidangkan donggg …. Eiy ternyata saus bolongnaisnya bikin rasa kentang tutup jadi lebih enak loh.

 

Mau coba ? Silakaann …..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s