Sambal Tumpang – Tempe Bosok !

“Enak ya …”

“Iya,” jawab saya sembari mengambil rempeyek kacang.

“Sebangsa pecel, ya ? Tapi kalo pecel kan bumbunya dari kacang tanah”

“Iya. Ini juga bumbunya dari kacang. Tapi kacang kedele.”

“Kedele ?”

“Iya, dari tempe.”

“Dari tempe kok bisa seperti ini ?”

“Ya bisa aja. Makan aja deh lo, banyak tanya amat.”

“Emang ini resep elu dapet dari mana ?”

“Dari nyokap gue, nyokap dapet dari mbah gue, mbah gue palingan dapet dari buyut gue. Buyut gue dapet dari mana ? Mungkin dari tim PKK di kampungnya.”

” Emang gimana cara buatnya ? “

“Beneran lo pengen tau cara buatnya ?”

“Iye.”

“Caranya, tempe disimpen beberapa hari, orang jawa sih bilangnya sampe bosok. Trus dikukus sama bumbu-bumbu kayak bawang merah, bawang putih, cabe, daun jeruk , daun salam, pokoknya segala bumbu dapur deh, trus abis itu semua bahannya termasuk tempe diulek sampe alus. Masak lagi sama rebusan air santan. Aduk-aduk sampai mendidih jangan lupa kasih garem secukupnya sama gula dikit aja. Supaya kental tambahin aja tepung maizena sedikit. Jadi deh. Elu rebus tuh segala daun pepaya, daun singkong, toge, kacang panjang, bunga turi kalo ada sedep juga tuh, trus makan deh seperti kita makan begini. Biar lengkap siapin juga rempeyek kacang, tempe ato tahu bacem, kalo elu mampu beli daging ya tambahin juga empal goreng, enak kan …”

“Jadi ….”

“Iya, gitu . Jadi kenapa ?”

“Jadi ini .. Yang gue makan ini tempe busuk ? … Yaaaiiiikkkzzzz ..”

“Iya, emang elu ada masalah ?”

Saya ambil nasi tambah lagi sembari menambahkan bumbu sambel tumpang di atas sayuran rebus yang sudah dirajang. Hmm.. Sedep banget sambil kriuk kriukan sama rempeyek yang tipis garing. Sementara teman saya menghentikan kegiatan makannya sambil terus menerus minum air putih seolah mau menghilangkan jejak tempe bosok di rongga mulutnya. Hmmm … ada yang salah sama tempe bosok meski udah jadi makanan sesedap ini, kah ? *muka polos mode on”

Advertisements

5 thoughts on “Sambal Tumpang – Tempe Bosok !

  1. Pingback: Kisah Kasih si Tempe « The Helidda’s

  2. Halo, salam kenal.. saya Rina, lagi nyari cara bikin pecel tumpang.. karna di sini ngga jual tempe bosok, itu emang kita bisa bikin ndiri yah? Gimana caranya? Beli tempe, trus biarin ajah sampe beberapa hari? Sampe item gitu dong? Mohon pencerahan.. makasih banyak..

    • Hai RIna salam kenal juga. Biasanya saya taro tempe di kulkas semingguan. Nggak tega kalau sampai item, paling kalau sudah menciut dan layu baru diproses. Suami saya pernah suka sambel tumpang,s etelah tau dibuat dari tempe yang dibusukin dia ga mau lagi ..hehe ..

  3. tengkyu infonya…my hubby lagi kepengen makan beginian gara2 kangen sama ibunya (padahal sering ketemu)…hehehehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s